kehamilan

Perkembangan Janin di Minggu ke-9 Sampai ke-12 Kehamilan

Radian Nyi Sukmasari Minggu, 24 Mar 2019 10:03 WIB
Perkembangan Janin di Minggu ke-9 Sampai ke-12 Kehamilan
Jakarta - Saat usia kehamilan memasuki usia 9 minggu, pastinya berbagai perkembangan pesat ditunjukkan si kecil ya. Nah, apa saja sih yang terjadi pada si jabang bayi saat usia kandungan Bunda memasuki minggu ke-9 sampai ke-12?

Masih masuk kategori trimester pertama ya, Bun. Salah satu hal yang perlu banget Bunda hindari adalah berdiri terlalu lama. Kenapa? Disampaikan dr.Hari Nugroho, Sp.OG, dari RSUD Dr. Soetomo Surabaya, wanita hamil butuh cairan lebih banyak. Untuk memenuhinya, jantung akan kerja lebih keras guna memompa cairan.

Tapi, kerja jantung bisa kurang maksimal jika wanita hamil terlalu lama berdiri. Dengan posisi berdiri, beban kerja pompa jantung akan lebih besar karena posisinya yang tinggi.

"Risikonya bisa kurang suplai darah ke otak. Akibat yang ditimbulkan antara lain pingsan dan kehilangan kesadaran. Lagi berdiri, tahu-tahu ibu hamilnya bisa jatuh enggak sadarkan diri," kata Hari, seperti dilansir detikcom.

Nah, selain menjaga kesehatan Bunda, penting juga mengetahui perkembangan janin saat usia kandungan 9, 10, 11, dan 12 minggu. Simak bersama yuk dengan klik halaman berikutnya.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi