sign up SIGN UP search


kehamilan

Perkembangan Janin Usia 6 Bulan dalam Rahim: Si Kecil Lincah, Bun

Tim HaiBunda Kamis, 02 Sep 2021 19:05 WIB
Ilustrasi perkembangan janin caption
Jakarta -

HaiBunda, sadar enggak jika janin usia 6 bulan atau masuk dalam trimester ketiga, ternyata sudah mulai bergerak aktif dan sangat lincah di dalam perut? Bahkan pada usia ini janin dapat merespon suara dan sentuhan dari luar perut.

Pergerakan ini akan terasa geli-geli enak lho, Bun. Apalagi ketika Si Kecil mulai 'joget' di dalam perut. Waduh, rasanya luar biasa sekali melihat perut Bunda bergerak-gerak macam itu.


Pertumbuhan dan perkembangan janin saat usia 6 bulan

Ketika kehamilan Bunda sudah memasuki usia 6 bulan, janin memiliki panjang kurang lebih 34 cm dengan berat sekitar 660 gr. Tentu saja panjang dan berat tersebut akan bertambah tiap minggunya. Seiring dengan perkembangan organ tubuh janin yang makin berkembang.


Nama Bayi JawaFoto: Mia Kurnia Sari

Jika dijabarkan, maka perkembangan janin usia enam bulan terhitung dari minggu ke-25 sampai minggu ke-28 adalah sebagai berikut:

1. Pada minggu ke-25
Pada minggu ke-25, janin menjadi lebih aktif bergerak sehingga Bunda dapat merasakan gerakan janin di dalam perut. Tak hanya itu, pada minggu ini janin terlihat lebih berisi dari sebelumnya dan mulai tumbuh rambut di kepala. Pada usia janin 6 bulan, ia akan membuang urine dengan teratur dan akan bercampur dengan cairan ketuban.

2. Pada minggu ke-26
Pada minggu ke-26, janin semakin aktif dari sebelumnya. Dikarenakan seiring dengan pertumbuhan otak janin yang kian hari semakin baik, respon janin pun juga menjadi semakin aktif.

Pada minggu ini, janin dapat membuka dan mengedipkan kedua matanya. Serta pendengaran janin menjadi lebih jelas mendengarkan suara-suara di luar kandungan ibu.

3. Pada minggu ke-27
Pada minggu ke-27 berat janin bertambah hingga 100 gr. Otak, sistem pernapasan, sistem pencernaan pada janin belum sepenuhnya berfungsi dengan baik. Namun, janin pada usia ini sudah dapat merespon cahaya
dari luar Rahim. pada minggu ini janin juga memiliki siklus bangun dan tidur yang baik dan teratur.

4. Pada minggu ke-28
Pada minggu ke-28, janin memiliki berat mencapai 1 kg. Berat tersebut akan terus bertambah dikarenakan adanya penumpukan lemak di bawah kulitnya.

Tidak hanya berat janin yang bertambah, tetapi bagian tubuh lainnya seperti bulu mata juga mulai tumbuh. Bahkan detak jantung bayi pun juga sudah dapat terdengar menggunakan stetoskop.

Tak hanya janin yang mengalami perubahan, Bunda hamil yang sedang mengandung pada usia kehamilan 6 bulan pun juga mengalami perubahan baik secara anatomis dan fisiologis. Biasanya Bunda hamil akan merasakan nyeri punggung yang hebat dan mengalami pembengkakan pada kaki ketika memasuki trimester ke-3 atau usia janin 6 bulan. (PK)

Simak juga video berikut mengenai tips memantau perkembangan janin, unik deh Bun!

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!