Sign Up search

kehamilan

Sering Berhubungan Seks Meningkatkan Peluang Hamil?

Yuni Ayu Amida Rabu, 03 Apr 2019 20:04 WIB
Sering Berhubungan Seks Meningkatkan Peluang Hamil?
Jakarta - Ketika Bunda ingin segera hamil, Bunda mungkin mencari tahu kapan harus berhubungan seks, seberapa sering harus melakukannya, dan apakah ada faktor yang dapat meningkatkan atau menurunkan peluang kehamilan. Nah, ada baiknya Bunda simak penjelasan ahli ini ya.


Menurut Samuel Wood, Direktur Kesehatan The Reproductive Sciences Center, California, berhubungan seks baiknya serutin mungkin, terutama di masa-masa subur. Namun, bukan artinya harus setiap hari dan berkali-kali, karena bisa berdampak menurunnya kualitas sperma.

"Jika bermaksud untuk hamil, seks berkali-kali dalam sehari atau setiap hari, akan membuat sperma seperti kelelahan," ujar Wood, dikutip dari CNN Indonesia.


Pendapat Wood ini senada dengan ulasan Very Well Family, yang memaparkan, seberapa sering kita berhubungan seks itu tergantung pada preferensi pribadi sebagai pasangan.

Tapi, para ahli menyarankan agar tidak melakukan hubungan seks lebih dari sekali setiap hari. Kelihatannya lebih banyak seks bisa meningkatkan peluang kehamilan, tetapi sebenarnya, melakukan hubungan seks terlalu sering dapat menurunkan jumlah sperma yang sehat.

Kata Wood, yang terpenting bukan tentang seberapa seringnya, melainkan berhubungan seks baiknya di waktu yang tepat, yakni pada masa subur Bunda. Jadi, Bunda harus tahu juga kapan masa subur tersebut.

Dijelaskan dr.Noviyanti, Sp.OG, dari Mayapada Hospital Tangerang, jika siklus menstruasi teratur, hitung mundur dari tanggal menstruasi berikutnya dikurangi 14. Nah, masa subur dimulai dua hari sebelum tanggal tersebut sampai dua hari sesudahnya.

"Misalnya, haid berikutnya sudah pasti tanggal 28. Ya sudah, dikurangi saja 14. Jadinya kan tanggal 14. Nah, tanggal 12, 13, 14, 15, dan 16 itu masa suburnya. Kalau haid-nya enggak teratur itu agak susah menghitung masa suburnya. Sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk dihitungkan kapan masa suburnya," tutur Noviyanti.


Yang penting Bunda tahu, sel telur hanya dapat dibuahi 24 jam setelah ovulasi. Sedangkan sperma dapat bertahan di rahim tiga hingga lima hari. Itu sebabnya, agar peluang cepat hamil meningkat, para pakar menyarankan melakukan hubungan seks beberapa hari sebelum ovulasi.

Selamat mencoba dan semoga berhasil ya, Bun.

[Gambas:Video 20detik]

(yun)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi