kehamilan

Ciri-ciri Ibu Hamil Kurang Gizi yang Perlu Diwaspadai

Asri Ediyati Selasa, 09 Apr 2019 19:33 WIB
Ciri-ciri Ibu Hamil Kurang Gizi yang Perlu Diwaspadai
Jakarta - Seringkali kita abai dengan kecukupan gizi di dalam tubuh. Apalagi sedang hamil trimester pertama, mual jadi halangan untuk bisa konsumsi makanan yang bergizi. Menurut dr Widjaja Lukito, Sp.GK, Ph.D, kekurangan gizi atau malnutrisi yang dapat berakibat buruk pada pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam rahim.

"Kekurangan gizi pada ibu hamil bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah (kurang dari 2500 gram) atau lahir secara prematur," ujar staf pengajar di Program Pasca Sarjana Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dikutip dari detikcom.

Kekurangan gizi pada ibu hamil diakibatkan oleh beberapa penyebab. Mengutip Parenting Firstcry, yang pertama adalah ketidaktahuan ibu atau bahkan pasangan. Ibu tidak mengetahui tentang pentingnya nutrisi sehingga tak menjalankan pola makan yang sehat dan seimbang.

Penyebab lainnya adalah penyakit dan infeksi, diare berulang bisa menyebabkan kekurangan gizi. Selanjutnya, kondisi sosial-ekonomi, masalah gigi, obat-obatan, bahkan morning sickness.

Selama kehamilan, seorang wanita membutuhkan sekitar 300 kalori ekstra sehari. Jika wanita tersebut tidak mengonsumsi makanan sehat dalam jumlah yang cukup, maka bisa menyebabkan kekurangan gizi.

Ciri-ciri Ibu Hamil Kurang Gizi yang Perlu DiwaspadaiCiri-ciri Ibu Hamil Kurang Gizi yang Perlu Diwaspadai/ Foto: Istock
Lalu, apa saja ciri-cirinya? Berikut dilansir Medical News Today, ciri-ciri ibu hamil kurang gizi yang perlu diwaspadai.

1. Kurang nafsu makan atau kurang tertarik pada makanan atau minuman

2. Kelelahan dan mudah tersinggung

3. Ketidakmampuan berkonsentrasi

4. Selalu merasa kedinginan

5. Kehilangan lemak, massa otot, dan jaringan tubuh

6. Risiko lebih tinggi sakit dan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh

7. Waktu penyembuhan lebih lama untuk luka

8. Risiko komplikasi yang lebih tinggi setelah operasi

9. Depresi

10. Berkurangnya gairah seks dan masalah kesuburan


Dalam kasus yang lebih parah, ibu hamil akan mengalami:

1. Sulit bernapas

2. Kulit bisa menjadi tipis, kering, tidak elastis, pucat, dan dingin

3. Pipinya tampak cekung dan matanya cekung, karena lemak menghilang dari wajahnya

4. Rambut menjadi kering dan jarang, mudah rontok

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi