Sign Up search


kehamilan

Ciri-ciri Hamil 6 Minggu yang Perlu Bunda Tahu

Yuni Ayu Amida Selasa, 10 Mar 2020 18:20 WIB
Ciri-ciri Hamil 6 Minggu yang Perlu Bunda Tahu Ciri-ciri Hamil 6 Minggu yang Perlu Bunda Tahu/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Ukuran janin di minggu ke 6 kehamilan masih sangat kecil sekali, Bunda. Maka itu tidak jarang pada tahap ini perubahan tubuh belum terlalu terlihat.

Spesialis kandungan Holly Ernst, PA-C, mengatakan, minggu ke-1 hingga ke-8 kehamilan dikenal sebagai periode embrionik. Bayi sekarang adalah embrio. Organ-organ vital dan sistem tubuh mulai terbentuk atau terus tumbuh.


Pada tahap kehamilan ini, kata Ernst, Bunda mungkin tidak merasa hamil karena beberapa perubahan tubuh tidak terlalu terlihat. Namun, Bunda mungkin mulai mengalami gejala kehamilan.


"Seperti morning sickness, atau mual dan muntah yang dapat terjadi kapan saja sepanjang hari. Perubahan nafsu makan, misalnya, tidak menyukai beberapa makanan dan menginginkan yang lain, kelelahan, perut kembung, bahkan perubahan emosi," jelas Ernst, dilansir Medical News Today.

Lalu, apa saja ciri-ciri hamil 6 minggu yang perlu Bunda tahu? Berikut ini tiga ciri hamil 6 minggu, serta cara mengatasi gejala yang terasa mengganggu, dikutip dari Tommys.

1. Mual pagi hari

Ciri-ciri Hamil 6 Minggu yang Perlu Bunda TahuCiri-ciri Hamil 6 Minggu yang Perlu Bunda Tahu/ Foto: thinkstock


Salah satu hal tersulit untuk diatasi dalam trimester pertama adalah morning sickness. Jangan terkecoh dengan namanya, mual ini bisa Bunda rasakan bahkan setiap saat atau sepanjang hari.

Beberapa ibu hamil mungkin akan merasakannya, namun beberapa lainnya tidak. Bahkan pada satu wanita, bisa saja merasakan mual di satu kehamilan, namunĀ kehamilan berikutnya tidak. Hingga kini, para peneliti belum dapat menemukan penyebabnya.

Jika Bunda kerap merasakan mual, beberapa alternatif ini mungkin bisa membantu meredakan, di antaranya minum air soda, mengemut es batu, sering makan porsi kecil, makan dan minum yang mengandung jahe. Namun, jika mual dan muntah terus berlanjut, Bunda disarankan konsultasi dengan dokter.

2. Sakit kepala

Beberapa wanita mengalami sakit kepala yang berat saat hamil. Sakit kepala ini kadang-kadang disebabkan oleh hormon atau dehidrasi.

Kiat-kiat berikut mungkin bisa membantu mengatasi sakit kepala saat hamil:

- Cobalah untuk beristirahat saat ada waktu luang.

- Temukan cara untuk bersantai, seperti yoga kehamilan.

- Jika membutuhkan obat penghilang rasa sakit, pastikan dengan dosis yang disarankan dokter.

- Jika memiliki sakit kepala parah yang tidak hilang, penting untuk memeriksakan diri ke dokter umum atau bidan.

3. Lelah dan emosional

Banyak wanita mendapati bahwa mereka sangat lelah selama tiga bulan pertama kehamilan. Tubuh bekerja sangat keras, sehingga lelah ini tidaklah mengejutkan.

Mungkin sulit untuk mengatasi kelelahan, tapi ingatlah bahwa tahap ini tidak akan berlangsung selamanya. Dan rasa lelah tersebut biasanya akan berlalu ketika mencapai trimester kedua. Jika bisa, tidurlah lebih banyak dan lebih awal.

Ibu hamil juga mungkin merasa emosional dan mudah menangis karena hal-hal kecil, atau mungkin mendapati bahwa suasana hati tiba-tiba naik dan turun karena hormon kehamilan dalam tubuh.

Perlu Bunda ketahui kalau kondisi ini normal, tetapi jika kita merasa lebih sedih daripada merasa bahagia dan perasaan itu tidak hilang, baiknya bicarakan dengan bidan atau dokter tentang hal itu.


Simak juga cara aman cegah kehamilan untuk ibu menyusui dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]




(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi