sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Ciri-ciri Hamil Tanpa Mual, Bukan Cuma Haid yang Terlewat Bun

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 15 Sep 2021 09:23 WIB
Ilustrasi hamil muda Ilustrasi ciri-ciri hamil tanpa mual/ Foto: Getty Images/iStockphoto/CentralITAlliance

Jakarta - Kehamilan biasanya banyak dikaitkan dengan morning sickness yang kerap dialami di pagi hari. Padahal, ada banyak juga kok, Bunda, ciri-ciri hamil tanpa mual yang kerap muncul tapi banyak tak disadari selama ini. Cari tahu yuk, apa saja sih ciri-ciri hamil tanpa mual.

Morning sicknes alias mual di pagi hari yang terkadang begitu hebat memang jadi tanda umum kehamilan. Tetapi nih, Bunda, kenyataannya enggak semua Bunda yang mendapatkan kehamilan mengalami hal tersebut. 

Tak sedikit dari Bunda yang tiba-tiba 'hamil' padahal tak merasakan mual di pagi hari sebelumnya. Meskipun sesungguhnya, kemungkinan Bunda sudah mengalami beberapa ciri-ciri hamil tanpa mual yang tidak disadari sebelumnya.


Biasanya, ciri-ciri hamil tanpa mual yang umum yakni Bunda melewatkan jadwal menstruasi yang biasanya rutin terjadi setiap bulannya. Ini merupakan tanda kehamilan paling umum dan jelas. 

Banner TKW Blitar dapat Hadiah Mewah

Setelah pembuahan terjadi, tubuh akan menghasilkan hormon yang menghentikan ovulasi dan pelepasan lapisan rahim Bunda. Ini artinya, siklus Bunda telah berhenti dan Bunda tidak akan mengalami menstruasi lagi sampai bayi lahir.

Namun, tidak datang bulan tidak selalu menjadi tanda kehamilan. Bisa jadi, Bunda dapat melewatkan menstruasi karena stres, olahraga berlebihan, diet, ketidakseimbangan hormon, dan faktor lain yang menyebabkan menstruasi tidak teratur, seperti dikutip dari laman Cleveandclinic.

Melansir Bannerhealth, beberapa ciri-ciri hamil tanpa mual juga kerap dialami banyak Bunda secara umum. Berikut ini diantaranya ya, Bunda:

1. Perubahan payudara

Pada tahap awal kehamilan, payudara Bunda mungkin terasa lebih geli, penuh, dan sakit. Dan, bra yang Bunda pakai juga tidak lagi pas seperti sebelumnya. Ini dikarenakan adanya perubahan hormon dalam tubuh ya, Bunda.

"Payudara bertambah besar selama kehamilan, dengan cepat dalam 8 minggu pertama kehamilan. Puting menjadi lebih besar dan areola juga tampak lebih besar dan berpigmen lebih dalam. Selain itu, muncul juga nyeri di puting susu dan sensasi kesemutan yang dirasakan," kata Dr Narinder Brar, DO, seorang obgyn di Arizona Maternity and Women Clinic.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



KELELAHAN HINGGA SERING KE KAMAR MANDI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!