kehamilan

Mengenal Ali Sungkar, Dokter yang Viral karena Video Gendong Bayi

Annisa Karnesyia Kamis, 11 Apr 2019 13:59 WIB
Mengenal Ali Sungkar, Dokter yang Viral karena Video Gendong Bayi
Jakarta - Bunda pernah menonton video viral seorang dokter menggendong bayi yang membuat penontonnya deg-degan? Dalam video viral itu ada sosok dokter berpengalaman bernama Dr. dr.Ali Sungkar, SpOG (K). Kenalan yuk dengannya.

Dr. dr.Ali Sungkar, SpOG (K) adalah dokter Obstetri dan Ginekologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Menjadi dokter bukanlah hal yang dicita-citakannya sejak kecil lho, Bun. Atas dasar kesukaannya pada pelajaran Biologi dan Fisika saat sekolah, Ali akhirnya memutuskan untuk memilih jurusan kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

"Saya dari keluarga besar. Ayah saya selalu mengajarkan anak-anaknya untuk mencari pekerjaan yang tidak tergantung dengan orang lain dan bisa mandiri. Salah satunya jadi dokter. Waktu SMA saya juga suka pelajaran biologi dan fisika," kata Ali dalam wawancara eksklusif bersama HaiBunda baru-baru ini.

Terbukti memang, anak ketiga dari sebelas bersaudara ini mampu menjadi sukses dan hidup mandiri dari bekerja sebagai dokter. Begitu pula dengan saudara-saudaranya yang semuanya hidup mandiri dan bekerja tanpa tergantung dengan orang lain.



"Di keluarga saya itu ada yang jadi dokter gigi, notaris, pengacara, dari teknik sipil dan mesin. Jadi mereka itu tidak ada yang bekerja dengan orang," ujar Ali.

Setelah lulus dari perguruan tinggi pada 1991, Ali memulai tugasnya di Timor Timur mulai tahun 1992 sampai 1995. Setelah tiga tahun bertugas di Timor Timur, Ali kembali ke Jakarta untuk melanjutkan pendidikannya di bagian Obsterti dan Ginekologi FKUI selama tiga tahun dari tahun 1996 sampai 1999. Setelah itu, dia bertugas di daerah pengungsian di Kalimantan selama beberapa bulan.

"Dari bekerja di tempat-tempat itu, saya mendapatkan banyak pengalaman yang berbeda. Pengalaman itu sekaligus jadi pengalaman hidup untuk saya yang tidak akan bisa dibeli dengan uang," tutur Ali.

Selama bekerja sebagai dokter, Ali juga memiliki banyak pengalaman dan cerita saat membantu persalinan, Bun. Dari situlah dia belajar banyak tentang profesinya sebagai dokter.

"Waktu di pengungsian di daerah Samba, saya pernah menolong persalinan dengan fasilitas terbatas. Saya juga melihat bagaimana bidan membantu persalinan tanpa dokter dan akhirnya kita bantu untuk membina bidan-bidan ini untuk lebih baik lagi," ujarnya.

Selain pengalaman yang berbeda-beda di setiap daerah, dokter yang punya hobi memasak ini juga bertemu dengan banyak karakter pasien baru lho. Menurutnya semua pasien itu menyenangkan dan punya keunikan masing-masing.

Mengenal Ali Sungkar, Dokter yang Viral karena Video Gendong Bayidr Ali Sungkar/ Foto: HaiBunda
Ada beberapa pasiennnya yang takut melahirkan, trauma setelah melahirkan anak pertama, berteriak, bahkan mengomel hingga mencakar suami saat persalinan. Dari situ Ali belajar untuk menghadapi berbagai macam karakter orang yang berbeda.

"Banyaknya jenis karakter pasien saat kehamilan dan persalinan membuat saya makin kaya untuk mempelajari karakter orang," kata Ali.

Dari banyaknya pengalaman itu, tidak jarang Ali juga menangani persalinan yang kompleks dan sulit.

"Saya sub spesialisasi memang yang menangani high risk pregnancy. Jadi saya pernah menangani persalinan kembar anak empat, hamil dengan kelainan jantung, diabetes, penyakit autoimun, lupus, multiple sklerosis, dan masih banyak lagi," tambahnya.

Bagi Ali, menangani persalinan sulit adalah sebuah tantangan yang jadi pengalaman. Namun, sebagai dokter dirinya lebih senang jika persalinan sulit dan berisiko itu menghasilkan cerita yang baik pada akhirnya.

"Senangnya saat lihat hasilnya itu. Kalau ibunya senang, bayinya juga selamat, itu yang buat saya senang dan bersyukur," tutup Ali.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi