kehamilan

Alami Cacar Air Saat Hamil, Putri Titian Ceritakan Kesehatan Anak

Ratih Wulan Pinandu Rabu, 08 May 2019 18:55 WIB
Alami Cacar Air Saat Hamil, Putri Titian Ceritakan Kesehatan Anak
Jakarta - Cacar air menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti ibu hamil. Seperti dialami Putri Titian di awal kehamilan anak keduanya, Bun.

Bunda yang biasa disapa Tian itu mengaku sangat khawatir karena sempat mengalami cacar air sebelum tahu hamil Mykah Iago Liem. Istri Junior Liem ini juga bercerita kalau saat itu harus minum antibiotik dan obat-obatan lainnya untuk menyembuhkan cacar air yang diidapnya.


"Si anak yang tidak di manja sejak dari kandungan. Padahal momom worry bgt sama iago, dulu momom kena sakit cacar. Dirawat di RS minum antibiotik dan obat obat lainnya, awalnya nya momom gatau kalo ternyata iago udah ada waktu momom kena sakit cacar," tulis Tian di Instagram miliknya.


Beruntungnya, bayi yang dikandung Tian tidak mengalami cacat bawaan lahir, Bun. Dalam beberapa kasus, cacar air selama kehamilan dapat berisiko menyebabkan masalah mata, pertumbuhan buruk hingga ukuran kepala bayi yang kecil.

Seiring berjalannya waktu, Bunda 28 tahun ini bersyukur karena Iago tumbuh menjadi bayi yang sehat dan kuat. Menurutnya, selama kehamilan Iago, dirinya jadi lebih kuat mengurus sang kakak Theodore Iori Liem.

Sejak di dalam kandungan, anak yang lahir pada Maret lalu itu sudah kuat dan enggak manja lho. Diceritakan Tian kalau selama hamil Iago dirinya justru lebih stabil emosinya.

"Kuasa tuhan,iago tetep tumbuh dengan kuat dan sehat perhari nya. iago juga selalu bisikkin momom dari perut,momom harus tetep kuat juga urusin koko iori walaupun ada iago di dalem perut. Iago bener-bener anak yang ga mau di manja, dia selalu semangatin momom supaya emosi momom tetep stabil," lanjut Tian.

[Gambas:Instagram]


Kehamilan dengan cacar air memang harus diwaspadai ya, Bun. Selain Putri Titian, beberapa hari lalu Kartika Putri juga mengatakan kalau sempat mengalami cacar air di kehamilan dua bulan.

Kartika sempat panik karena dokter mengatakan kehamilan dengan cacar air bisa membahayakan janin. Menurut organisasi layanan informasi teratologi, cacar air yang dialami di trimester pertama akan berisiko mengalami cacat lahir sekitar 0,5-1 persen.

Namun, cacar air pada ibu hamil dapat dicegah, Bun. Melansir American Pregnancy, buat Bunda yang sudah pernah mengalami cacar air sebelumnya maka tidak perlu melakukan tindakan medis lagi untuk melindungi janin selama kehamilan. Bunda hanya disarankan untuk memiliki antibodi yang kuat agar bisa melindungi tubuh dari penularan cacar air.

Untuk Bunda yang belum pernah menderita cacar air sebelumnya dan sedang hamil, kemungkinan akan menerima suntikan zoster imun globulin (ZIG) ketika melakukan kontak dengan orang yang sedang mengalami cacar air. ZIG harus diberikan dalam empat hari setelah paparan pertama. Tapi ingat, Bun, ini hanya diberikan jika belum menerima antibodi terhadap cacar air.


Terakhir, Bunda bisa meminta untuk dilakukan vaksin cacar air jika tidak dalam kondisi hamil. Setelah itu, harus menunggu setidaknya tiga bulan sebelum untuk mencoba hamil.

Bunda, simak juga yuk bahaya antibiotik untuk ibu hamil dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi