sign up SIGN UP search


kehamilan

14 Tanda Awal Kehamilan 1 Minggu Ini Jarang Disadari Para Wanita

Inkana Putri Selasa, 05 Jan 2021 15:12 WIB
ilustrasi hamil caption
Jakarta -

Kehamilan merupakan momen indah yang banyak ditunggu para wanita. Meskipun demikian, banyak wanita yang sering sekali tak menyadari tanda awal kehamilan di satu minggu pertama, Bunda.

Dikutip dari The Bump, pada umumnya dokter kandungan menghitung kehamilan mulai dari hari pertama sejak haid terakhir. Menurut istilah dokter, hamil satu minggu berarti sedang haid dan belum hamil. Bunda tidak akan benar-benar hamil hingga minggu kedua atau ketiga, tergantung pada lamanya siklus.

Ciri-ciri hamil satu minggu sebenarnya hampir mirip dengan gejala menstruasi, yang berlangsung 3-7 hari. Lalu, apa saja sebenarnya tanda awal kehamilan satu minggu yang sering ditemukan? Melansir Parents, berikut 14 ciri-cirinya.


1. Kram dan nyeri punggung

Kram dan nyeri punggung identik sebagai gejala PMS, padahal ini terjadi karena adanya perubahan hormonal dan pertumbuhan rahim. Sekitar 30 persen wanita mengalami kram setelah pembuahan. Jika Bunda mengalami kram, bisa jadi rahim sedang sedikit meregang untuk mempersiapkan ekspansi besar selama sembilan bulan ke depan.

2. Pendarahan vagina

Saat sel telur telah dibuahi dan tertanam ke ke dalam lapisan rahim sekitar 6-12 hari setelah pembuahan, biasanya akan muncul bercak vagina. Bunda mungkin mengira pendarahan implantasi ini sebagai menstruasi.

Padahal jika diteliti, bercak ini bisa dibedakan karena warnanya yang lebih terang daripada darah menstruasi dan warnanya cokelat atau merah muda. Meskipun gejala ini tidak berbahaya, Bunda harus tetap memeriksanya ke dokter.

"Pada trimester pertama, perdarahan harus dievaluasi untuk tiga hal secara khusus - keguguran, kehamilan ektopik, atau jenis infeksi tertentu," kata Dokter Kandungan Baylor Medical Center di Waxahachie di Texas, Jasbir Singh.

3. Kelelahan

Pada kehamilan di minggu pertama, tubuh bekerja 24/7 untuk mendukung kehamilan, dan kelelahan adalah respons yang normal. Seorang dokter kandungan dari A Woman's Choice di Mercy Medical Center di Baltimore, Karen Perkins, menjelaskan progesteron ekstra yang diproduksi setelah pembuahan menyebabkan suhu basal tubuh meningkat, yang pada gilirannya berkontribusi pada kurangnya energi.

4. Sakit payudara

Ciri-ciri hamil satu minggu pertama adalah munculnya rasa sakit atau nyeri pada payudara. Adanya peningkatan hormon menyebabkan payudara menahan lebih banyak cairan dan terasa berat, sakit, atau sensitif dari biasanya..

"Anda menghasilkan begitu banyak estrogen dan progesteron pada awal kehamilan sehingga kelenjar di payudara mulai tumbuh," ujar dr Singh.

5. Mual

Mual sering sekali terjadi dua minggu setelah pembuahan, bahkan gejala ini sering dialami hampir seluruh wanita hamil. Mual juga berkaitan dengan human chorionic gonadotropin (hCG), hormon terdeteksi dalam darah atau urine wanita hamil.

6. Kembung

Sering merasa kembung? Itu bisa jadi tanda awal kehamilan lho, Bunda. Meningkatkan kadar progesteron dapat memperlambat jalur pencernaan sehingga membuat perut terasa lebih bengkak karena kembung. Dr. Goist mengatakan kembung juga terjadi saat haid, namun akan menghilang jika haid tiba. Jadi, jika kembung tidak hilang dan Bunda tak kunjung haid, bisa jadi ini tanda kehamilan.

7. Sering buang air kecil

Rahim yang membengkak tidak hanya dapat menekan kandung kemih, tetapi aliran darah ekstra ke ginjal yang menyebabkan ginjal memproduksi lebih banyak urine. Akibatnya, Bunda akan sering buang air kecil. Kondisi ini sebenarnya normal terjadi, namun jika sering buang air kecil disertai rasa terbakar, atau tanda infeksi lainnya, pastikan segera periksa ke dokter.

Simak juga ciri hamil dilihat dari perubahan warna kulit dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Maia Estianty Sembuh Covid-19



(som/som)
Tanda kehamilan lainnya
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi