kehamilan

5 Kalimat Menyebalkan untuk Ibu Baru Seperti Meghan Markle

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 09 May 2019 10:00 WIB
5 Kalimat Menyebalkan untuk Ibu Baru Seperti Meghan Markle
Jakarta - Perubahan bisa dialami wanita ketika menjalankan perannya sebagai ibu baru seperti Meghan Markle. Supaya ibu enggak stres, dukungan orang sekitar amat dibutuhkan. Termasuk menghindari berbagai kalimat yang nyatanya bisa bikin ibu kesal.

Pada dasarnya, supaya ibu yang baru melahirkan tetap fit, hal utama yang perlu diperhatikan adalah waktu istirahat. Disampaikan dr.Hari Nugroho Sp.OG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, biasanya ibu baru membutuhkan penyesuaian dengan adanya 'makhluk' baru yang menyita perhatian dan waktunya.

"Namun perlu diingat, bahwa ibu pun membutuhkan waktu istirahat yang memadai. Bekerjasamalah dengan suami atau orangtua untuk bergantian menjaga bayi," tutur Hari, dilansir detikcom.


Selain itu, konsumsi makanan bergizi dan minum banyak air. Menurut Hari, ibu baru yang menyusui akan membakar kalori lebih banyak setiap menyusui, sehingga agar tidak lemah, perlu nutrisi seimbang dan cairan.

"Luangkan waktu untuk 'me-time'. Sedikit waktu luang dapat membuat ibu baru terhindar dari stres, baby blues syndrome, dan menjadi lebih bahagia. Happy mommy, happy baby!" imbuhnya.

Dikutip dari Parents, bagi seorang ibu baru ada lima kalimat yang nyatanya bisa bikin kesal, apa saja?



1. Kamu kelihatan capek

Bukan rahasia jika kelelahan dan kurang tidur jadi rutinitas baru ibu yang baru melahirkan. Untuk itu, penting bagi suami dan keluarga membantu ibu mengurus si kecil supaya ibu bisa mendapat istirahat cukup.

2. Kamu menyusui kan?

Pengalaman menyusui masing-masing ibu berbeda, ada yang mudah ada juga yang menemukan kesulitan. Pertanyaan semacam ini bisa bikin ibu makin down saat dia ingin menyusui si kecil tapi menemukan kendala yang cukup berarti.

5 Kalimat Menyebalkan untuk Ibu Baru Seperti Meghan MarkleIlustrasi ibu menyusui/ Foto: iStock


3. Benar kamu memang ingin anak perempuan atau laki-laki?

"Bayi adalah pemberian Tuhan. Mau laki-laki atau perempuan itu patut kita syukuri. Ya meskipun masing-masing orang bisa punya preferensi jenis kelamin buah hatinya. Tapi, bertanya apakah orang tua menginginkan anak lelaki atau perempuan rasanya kurang pas," kata ibu dua anak laki-laki, Amy Williams.

4. Kapan kembali bekerja?



Founder dari FlexJobs sekaligus ibu dua anak, Sarah Sutton mengatakan bahwa berilah waktu ibu yang baru melahirkan untuk santai dengan bayinya. Apalagi, jika ibu memutuskan lanjut bekerja pastinya bukan hal mudah bagi mereka bersiap kembali ke kantor.

"Anda enggak akan tahu bagaimana perasaan si ibu ketika nanti harus menyerahkan anak pada pengasuh dan ketika ibu harus berpisah seharian dengan bayinya. Maka dari itu, hindari pertanyaan seperti ini," kata Williams.

5. Masih kelihatan gemuk, berat badan belum turun?

Pertanyaan tentang berat badan bisa terdengar sensitif bagi wanita, terutama ibu melahirkan. Maka dari itu, Bun, baiknya hindari kalimat ini ketika menjenguk ibu yang baru melahirkan. Beri waktu ibu untuk memulihkan tubuhnya. Terlebih, selama hamil sudah banyak perubahan yang dialami tubuh ibu dan pada beberapa wanita, berdamai dengan keadaan bukanlah hal yang mudah. Ya kan?

Kalau Bunda, kalimat apa yang terdengar menyebalkan banget setelah melahirkan?

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi