menyusui

5 Tips Aman Berpuasa Saat Menyusui

Muhayati Faridatun Jumat, 10 May 2019 11:31 WIB
5 Tips Aman Berpuasa Saat Menyusui
Jakarta - Si kecil masih ASI eksklusif, tapi Bunda ingin tetap berpuasa selama Ramadhan? Enggak ada larangan kok. Hanya saja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin puasa saat menyusui.

Enggak sedikit lho ibu menyusui yang khawatir menjalankan puasa sepanjang Ramadhan. Ada yang cemas produksi ASI berkurang, bahkan sampai takut mengalami penyapihan prematur, atau si kecil mendadak berhenti menyusu.

Sebenarnya, kata dr.Utami Roesli, Sp.A, MBA, IBCLC, FABM, banyak atau tidaknya ASI yang Bunda produksi ditentukan oleh 'otak'. Aktivis pejuang ASI eksklusif ini menjelaskan, pikiran negatif atau pesimistis bisa membuat kadar oksitosin menurun hingga produksi ASI jadi sedikit.


"Tapi kalau percaya diri dan yakin ASI-nya juga bakal banyak, ya akan banyak karena oksitosin yang dihasilkan pun banyak, sehingga ASI lancar," kata Utami, seperti dilansir detikcom.


Nah, Bunda yang ingin berpuasa tanpa rasa cemas karena masih menyusui, simak lima tips berikut yang dirangkum dari Mom Junction:

1. Pola makan yang baik

Pastikan pola makan yang baik selama berpuasa sambil menyusui. Kalau Bunda mengurangi beberapa jenis makanan tertentu, usahakan ganti dengan suplemen yang aman bagi ibu menyusui.

5 Tips Aman Berpuasa Saat MenyusuiIlustrasi menyusui/ Foto: iStock
2. Minum sebanyak mungkin

Menyusui bisa membuat Bunda haus. Jadi, pastikan asupan cairan tercukupi selama puasa. Ini sangat penting agar terhindar dari dehidrasi, apalagi saat Ramadhan tepat di musim panas.

3. Menunda pekerjaan berat

Sepanjang waktu puasa, Bunda sangat disarankan menunda pekerjaan berat yang membutuhkan banyak energi.

4. Istirahat cukup

Bagi sebagian Bunda, mungkin menyusui bukan hal mudah. Terlebih saat berpuasa, menyusui akan terasa lebih sulit. Jadi, pastikan saat ada waktu, Bunda istirahat untuk menjaga tingkat energi tetap tinggi.


5. Awasi kondisi bayi

Ada kemungkinan kecil bayi mendapat lebih sedikit ASI saat Bunda berpuasa. Jadi, awasi kondisi bayi, terlebih jika urine bayi berkurang, feses kehijauan, dan terjadi penurunan berat badan. Segera konsultasi dengan dokter anak ya, Bun.

[Gambas:Video 20detik]




(muf/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi