kehamilan

4 Tips agar Ibu Cepat Pulih Setelah Melahirkan Caesar

Melly Febrida Kamis, 16 May 2019 13:39 WIB
4 Tips agar Ibu Cepat Pulih Setelah Melahirkan Caesar
Jakarta - Umumnya, persalinan melalui operasi caesar butuh waktu pemulihan lebih lama. Namun, bukan berarti enggak ada upaya yang bisa Bunda lakukan agar pemulihan lebih cepat.

Traci C. Johnson, MD, seorang dokter spesialis kandungan dan kebidanan mengatakan area di sekitar jahitan, staples, atau selotip di perut wanita yang menjalani operasi caesar akan terasa sakit selama beberapa hari pertama. Tapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempercepat pemulihan, seperti disampaikan Johnson:

1. Santai


"Caesar itu operasi besar. Sebaiknya jangan mengangkat apa pun yang lebih berat daripada bayi selama beberapa minggu pertama," ujar Johnson dilansir Web MD.

2. Dukung perut

Johnson bilang, saat batuk atau tertawa pastinya akan terasa sakit di bagian perut. Untuk itu, peganglah perut pada saat bersin, batuk, atau tertawa agar perut tidak mengalami goncangan, Bun.

3. Peringan rasa sakit



Bantal pemanas yang dipasang pada posisi rendah atau handuk hangat bisa membantu mengatasi rasa sakit di sekitar perut. Selain itu, kata Johnson, wanita yang usai caesar mungkin memerlukan ibuprofen, acetaminophen, atau penghilang rasa sakit lainnya. Sebagian besar obat tersebut aman dikonsumsi ibu menyusui.

4. Minum cairan yang cukup

Johnson mengingatkan Bunda konsumsi cairan yang cukup untuk mengganti cairan yang hilang saat melahirkan. Terlebih, kebutuhan cairan ibu menyusui juga meningkat kan?

"Penting juga bagi ibu yang baru menjalani operasi caesar untuk belajar bangun dan berjalan-jalan dalam waktu 24 jam setelah operasi. Ini dapat membantu meringankan rasa sakit karena gas, membantu Anda buang air besar, dan mencegah pembekuan darah," paparnya.

Jika sudah pulang ke rumah, Johnson menyarankan untuk tidak melakukan terlalu banyak pekerjaan rumah atau kegiatan lain selama beberapa minggu pertama. Baiknya, tunggu 4 - 6 minggu sebelum melakukan aktivitas berat yang melibatkan perut.

4 Tips agar Ibu Cepat Pulih Setelah Melahirkan CaesarFoto: Thinkstock
Bunda tahu enggak? Menyusui juga bagus untuk mempercepat penyembuhan luka operasi caesar lho. Sebuah penelitian dari Hospital Universitario Nuestra Senora de Valme, Spanyol, menyebutkan kalau Bunda menyusui si kecil minimal dua bulan, nyeri pasca operasi caesar yang dirasa bisa berkurang sampai tiga kali lipat.

"Satu dari empat ibu yang menyusui selama dua bulan atau kurang, melaporkan rasa nyerinya bertahan lebih lama," kata salah satu peneliti, Dr Carmen Alicia Vargas Berenjeno, dikutip dari Science Daily.



Apabila Bunda kesulitan menemukan posisi yang nyaman untuk menyusui, cobalah meletakkan bantal di atas perut untuk meringankan berat bayi atau coba terapkan posisi menyusui:

1. Football hold

Gendong leher bayi di telapak tangan dan sandarkan punggungnya ke lengan Bunda. Selipkan kaki si kecil di bawah lengan dan kemudian angkat si kecil dengan posisi menuju ke payudara sehingga dia bisa menyusu.

2.Pegangan berbaring

Berbaringlah menghadap bayi dan gunakan tangan untuk mendekatkan puting ke bibirnya. Bunda bisa meletakkan bantal di belakang punggung agar si kecil tidak berguling.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi