kehamilan

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke-37 sampai ke-40

Yuni Ayu Amida Rabu, 26 Jun 2019 19:00 WIB
Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke-37 sampai ke-40
Jakarta - Untuk kelancaran proses melahirkan, pastinya perlu persiapan yang dilakukan sejak awal masa kehamilan. Sayangnya, masih banyak bunda yang belum tahu apa saja yang mesti dipersiapkan saat hamil dan sebelum melahirkan nanti.

Dijelaskan dr.Frizar Irmansyah, Sp.OG, dari RS Pusat Pertamina, persiapan fisik dan mental sudah harus dilakukan di awal masa kehamilan. Caranya bisa mengikuti program edukasi, yang bisa memberi pemahaman soal proses persalinan nanti.

"Jika sejak awal calon ibu sudah memahami bagaimana proses melahirkan, bagaimana cara mengatur napas yang tepat, maka nyeri persalinan dapat dikurangi," kata Frizar, dikutip dari detikcom.



Jika hal tersebut kurang diperhatikan, malah akan memunculkan rasa takut untuk menghadapi persalinan. Jadi proses melahirkan nanti akan dirasa lebih sulit dan sakit, karena si calon ibu tidak rileks dan tenang.

Selain itu, kata Frizar, hal penting lain yang mesti dipersiapkan adalah biaya. Biaya melahirkan di rumah sakit tentu tidak sedikit, jadi anggarannya sudah harus disiapkan.

Frizar juga menyarankan, suami dan keluarga bisa memberi dukungan dengan menemani Bunda selama proses persalinan. Karena ini bisa meningkatkan rasa nyaman pada Bunda, sehingga mendapat energi positif yang membantunya mengurangi rasa nyeri.

Nah, di samping hal tersebut, Bunda simak juga ya tahap perkembangan janin di minggu ke-37 sampai 40.

Selain itu, simak video cara memandikan bayi secara benar ini ya, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]




(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi