kehamilan

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke-21 sampai ke-24

Yuni Ayu Amida Senin, 24 Jun 2019 11:00 WIB
Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke-21 sampai ke-24
Jakarta - Saat hamil, biasanya badan jadi lebih mudah lelah dan pegal-pegal, Bun. Jadi akan timbul rasa ingin dipijat. Tapi, kadang ada kekhawatiran jika ibu hamil dipijat karena takut membahayakan.

Dikatakan fisioterapis kesehatan wanita di The Royal Hospital, Chesterfield, Alison Bourne, ibu hamil bisa memijat tubuhnya sendiri termasuk di area perut. Bahkan, boleh juga meminta bantuan suami. Hal ini bahkan bisa jadi salah satu cara bonding antara ayah, ibu, dan bayi dalam kandungan.

"Tapi ingat, pijatan yang dilakukan harus lembut. Jangan terlalu menekan dan memijat terlalu keras, terutama di bagian perut dan area paha. Di trimester pertama, sebaiknya hindari pijat di area perut demi keamanan si kecil," kata Bourne, dikutip dari detikcom.


Selain itu, Bourne juga mengatakan, pijat saat hamil banyak manfaatnya seperti membuat ibu lebih rileks, menjadikan tidur lebih nyenyak, membantu redakan nyeri, sirkulasi darah lebih lancar, serta mengurangi perasaan cemas.

Bourne juga menyarankan ketika dipijat sebaiknya gunakan minyak pijat yang mengandung vitamin E, atau bisa juga dengan minyak zaitun, minyak jojoba, atau baby oil.

"Sebelum pijat, gerakkan sejenak tangan dan lengan supaya lebih lemas. Selain terlentang, Anda bisa mencoba posisi miring dengan ganjalan bantal di perut, punggung, dan lutut," tutur Bourne.

Di samping hal tersebut, jika Bunda ingin tahu bagaimana perkembangan janin di minggu ke-21 sampai ke-24, simak penjelasan di halaman berikut ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi