sign up SIGN UP search


kehamilan

Didiagnosis Infertil, Pasutri Tak Bakal Bisa Punya Anak?

Radian Nyi Sukmasari Minggu, 30 Jun 2019 12:00 WIB
Hati hancur berkeping-keping bisa dirasakan pasutri ketika didiagnosis infertil. Harapan untuk punya anak pun kadang kandas. Hiks. caption
Jakarta - Setiap pasangan suami istri (pasutri) yang didiagnosis infertil atau tidak subur pastinya sedih bukan main. Memang sulit untuk memiliki momongan, tapi apakah sudah pasti ketika pasutri didiagnosis infertil mereka tak bakal bisa punya anak?

"Bukan enggak bakal bisa punya anak, susah punya anak. Tapi menurut saya selama masih ada suaminya sih masih bisa hamil ya," ujar dr.M Luky Satria Syahbana, Sp.OG-KFER dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan.

Misalnya pada pria yang mengalami azoospermia yakni tidak mengeluarkan sperma sama sekali saat ejakulasi, bisa dilakukan inseminasi atau bayi tabung. Dengan begitu, sperma diambil langsung dari testis.




Dia menambahkan, ketika pasangan memiliki masalah kesuburan dan mencoba prosedur bayi tabung untuk punya momongan, tingkat keberhasilannya sekitar 30 - 40 persen. Peluang ini sama dengan keberhasilan pasangan yang tidak punya masalah kesuburan dan berada di usia subur, sekali berhubungan intim kemungkinan memiliki anak sebesar 30 - 40 persen.

"Di tahun pertama menikah, 84 persen pasangan normal, tidak mengalami masalah kesuburan, bisa hamil. Di tahun kedua, jumlahnya naik 92 persen, dan di tahun ketiga jadi 94 persen pasangan," papar Luky saat berbincang dengan HaiBunda.

Ilustrasi infertilitasIlustrasi infertilitas/ Foto: iStock
Dihubungi terpisah, dr.Rinto Riantori Sp.OG dari rumah sakit yang sama mengatakan belum tentu pasangan yang didiagnosis infertil sudah pasti tidak punya anak. Selagi bisa diterapi, kemungkinan hamil kata Rinto ada, Bun.



"Kecuali di rahim ada tumor yang mengharuskan rahimnya diangkat," kata Rinto.

Ketahui juga Bunda kebenaran di balik anggapan konsumsi antibiotik bisa picu keguguran di video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/som)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!