kehamilan

Definisi Infertilitas yang Pasangan Suami Istri Perlu Tahu

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 28 Jun 2019 09:31 WIB
Definisi Infertilitas yang Pasangan Suami Istri Perlu Tahu
Jakarta - Dalam keseharian, ada pasangan suami istri (pasutri) yang sulit punya anak. Kadang, mereka langsung disebut infertil atau mandul. Lantas, seperti apa definisi pasutri yang disebut infertil alias tidak subur?

"Kalau mandul itu istilah awam ya. Kalau infertlitas istilah medis, yaitu pasangan usia subur yang berhubungan suami istri rutin minimal seminggu dua kali dalam jangka waktu 1 tahun tanpa kontrasepsi dan masih belum punya anak," kata dr.M Luky Satria Syahbana, Sp.OG-KFER.




Jika seperti itu, si suami istri disebut pasangan infertilitas. Sebab, Luky menekankan dalam urusan kehamilan tidak bisa hanya satu pihak yang jadi fokus.

Untuk menegakkan diagnosis infertilitas, perlu dilakukan pemeriksaan lebih dulu. Pada laki-laki, akan dilakukan pemeriksaan sperma. Lain halnya dengan pemeriksaan pada wanita yang cenderung lebih banyak.



"Ditanya dulu, riwayat haid gimana. Teratur, nyeri, banyak enggak," kata dokter yang praktik di Mayapada Hospital Jakarta Selatan ini.

Definisi Infertilitas yang Pasangan Suami Istri Perlu TahuIlustrasi infertilitas/ Foto: thinkstock
Kemudian, dilakukan pemeriksaan fisik pada wanita. Melalui USG, kata Luky, bisa terlohat bagaimana kondisi rahim si wanita.

"Kita lihat bentuknya normal atau enggak, ada miom atau kista. Lalu kita cek saluran telur. Dicek lagi dia ovulasi atau subur enggak. Ini dari USG bisa dicek," tambah Luky

Bunda sedang hamil dan hobi minum teh? Di video ini dipaparkan manfaat minum teh untuk ibu hamil. Simak yuk.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi