kehamilan

Perut Mengeras dalam Durasi Lama Bisa Jadi Tanda Mau Melahirkan

Asri Ediyati Minggu, 21 Jul 2019 16:57 WIB
Perut Mengeras dalam Durasi Lama Bisa Jadi Tanda Mau Melahirkan
Jakarta - Otak akan mengirim sinyal pada tubuh jika seorang ibu akan melahirkan. Jika Bunda sedang hamil besar dan mendekati HPL, frekuensi kontraksi akan bertambah. Nah, jika perut Bunda mengeras dalam durasi lama bisa jadi itu tanda melahirkan. Hmm.. kira-kira apa ya sebabnya?

Menurut dr.Hari Nugroho, SpOG dari Departemen Obstetri dan Ginekologi RSUD Dr Soetomo Surabaya, perut yang terasa keras pada ibu hamil tua disebabkan karena rahim mengalami pengerasan kemudian berkontraksi. Hari bilang, bila ini benar-benar terjadi, maka Bunda sebaiknya segera memeriksakan diri ke tenaga medis terdekat.

Bunda juga perlu membedakan perut keras karena kontraksi palsu dan juga kontraksi asli. Menurut Hari, pembedanya bisa dilihat dari durasi dan pola munculnya kejadian.


"Bedanya kontraksi palsu dengan kontraksi untuk persalinan itu, terasa regular dan berpola, sekitar setiap 10 menit sekali, lalu nyeri disertai keluarnya darah, lendir atau air dari jalan lahir," paparnya dikutip dari detikcom.
Perut Mengeras dalam Durasi Lama Bisa Jadi Tanda Mau MelahirkanIlustrasi ibu hamil/ Foto: iStock
Hal yang serupa juga diungkap oleh American College of Obstetricians dan Gynecologists (ACOG), perbedaan utama perut keras karena kontraksi palsu atau asli adalah intensitas, seberapa menyakitkan, pola dan durasi.

Dilansir Romper, perawat persalinan Rebecca Tsu bilang semua kontraksi (palsu atau asli) akan membuat perut terasa lebih keras saat disentuh daripada biasanya.

"Tetapi kontraksi asli akan membuat perut teras keras dalam jangka waktu yang lebih lama," ujar Tsu.

Simak juga manfaat teh bagi ibu hamil melalui video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi