sign up SIGN UP search


kehamilan

Sering Buang Air Kecil Jelang Melahirkan? Perhatikan 6 Hal Ini Bunda

Yuni Ayu Amida Minggu, 28 Jun 2020 13:02 WIB
Pregnant woman caption
Jakarta -

Biasanya, saat usia kandungan semakin mendekati waktu bersalin, para ibu sering bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Itu sebabnya, sering buang air kecil bisa jadi salah satu tanda akan melahirkan, Bunda.

Menurut dr.Alfiben, Sp.OG, dari RS Permata Depok, keinginan buang air kecil yang sering di saat hamil tua ini adalah normal. Ini karena ukuran janin yang membesar dan makin memberi tekanan pada kandung kemih, otot-otot, serta uretra.

"Inilah yang menyebabkan ibu hamil lebih sering buang air kecil," kata Alfiben, dilansir detikcom.


Hal senada juga disampaikan dr.M. Nurhadi Rahman, Sp.OG, dari RSUP Dr Sardjito Yogyakarta. Ia menjelaskan, saat kepala bayi turun ke panggul, maka kantung kemih akan tertekan. Yang akhirnya membuat ibu hamil besar sering buang air kecil. Nurhadi pun menyarankan agarĀ ibu hamil tidak menunda ke kamar mandi saat terasa ingin buang air kecil.

"Karena apabila dibiarkan, sang ibu berdampak terkena infeksi saluran. Terlebih, metabolisme tubuh ibu lebih rentan daripada orang biasa," jelas dokter yang kerap disapa Adi ini.

Pregnant womanPregnant woman/ Foto: iStock

Lebih lanjut, berikut ini 6 hal yang mesti diperhatikan saat sering buang air kecil jelang melahirkan, dikutip dari Pampers.

1. Condongkan tubuh ke depan saat buang air kecil, sehingga Bunda bisa mengosongkan kandung kemih dengan benar.

2. Untuk mencegah peningkatan buang air kecil di malam hari, cobalah untuk tidak minum terlalu banyak air sebelum tidur.

3. Hindari minuman dan makanan yang mengandung kafein, yang bisa membuat Bunda buang air kecil lebih sering.

4. Cobalah latihan kegel untuk menguatkan otot-otot dasar panggul. Ini dapat membantu mencegah 'bocor' saat Bunda batuk, bersin, atau tertawa, baik sebelum dan sesudah melahirkan.

5. Jika air seni Bunda berwarna kuning tua atau oranye, ini mungkin merupakan tanda dehidrasi. Cobalah untuk menambah asupan cairan sampai air seni Bunda kembali menjadi kuning pucat normal.

6. Jika Bunda pergi keluar atau akan pergi ke acara yang berlangsung lama, pertimbangkan untuk ke toilet sebelumnya. Bunda juga bisa mencari di mana kamar mandi terdekat, sehingga tidak lengah nantinya.

Simak juga ciri hamil dilihat dari perubahan kulit dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi