kehamilan

Makan Kacang Selama Hamil Bisa Sebabkan Bayi Alergi?

Yuni Ayu Amida Sabtu, 03 Aug 2019 08:01 WIB
Makan Kacang Selama Hamil Bisa Sebabkan Bayi Alergi?
Jakarta - Sebagian calon ibu memiliki banyak kekhawatiran terhadap kondisi calon bayinya. Termasuk makanan yang dia konsumsi selama kehamilannya.

Terutama makanan yang kerap menimbulkan alergi seperti kacang. Hal ini pun kerap jadi pertanyaan, apakah makan kacang atau produk yang mengandung kacang selama hamil aman untuk bayi? Banyak ibu hamil bertanya-tanya apakah kacang bisa menyebabkan bayi mudah mengalami alergi kacang di kemudian hari. Atau mungkin sebaliknya, mengonsumsi kacang selama kehamilan menawarkan perlindungan untuk bayi dari alergi.

Perlu Bunda ketahui nih, kacang tanah dapat bereaksi menimbulkan alergi dari tingkat ringan hingga mengancam jiwa. Mengutip dari Healthline, gejala yang mungkin muncul akibat alergi kacang di antaranya, kesemutan di mulut, kram perut atau mual, gatal-gatal, sulit bernafas, pembengkakan lidah, dan anafilaksis.


Salah satu yang perlu diwasapadai adalah anafilaksis, yaitu reaksi paling serius dan dapat mengancam jiwa. Jika syok anafilaksis terjadi, tekanan darah seseorang turun, saluran udara mengerut, detak jantung meningkat, dan nadi menjadi lemah. Mual dan muntah yang parah juga bisa terjadi.

Lalu, apakah mengonsumsi kacang saat hamil bisa menyebabkan bayi mengalami alergi di kemudian hari? Jawabannya tidak, Bun.

"Itu enggak benar, kacang-kacangan adalah protein nabati yang baik dikonsumsi ibu hamil, jika bayi ketika lahir dia alami alergi, bisa kita observasi lagi penyebabnya apa, jadi bukan karena ibu konsumsi kacang," ujar dr.Ameetha Drupadi saat dihubungi HaiBunda belum lama ini.

Makan Kacang Selama Hamil Bisa Sebabkan Bayi Alergi?Foto: iStock

Hal ini diperkuat oleh hasil penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa ibu hamil yang tidak alergi terhadap kacang-kacangan, dan rutin mengonsumsi kacang selama kehamilannya malah menurunkan risiko anak mereka mengalami alergi di kemudian hari.

Senada dengan hal tersebut, dr.Ruchi Gupta, dari Fakultas Kedokteran Universitas Northwestern menyebutkan, ibu hamil sebaiknya tidak membatasi makanan atau melakukan diet selama kehamilan. Termasuk membatasi asupan kacang-kacangan.


Hanya saja, Gupta juga memperingati ibu hamil yang memang sejak awal memiliki alergi terhadap kacang untuk tidak mengonsumsi kacang. Namun, jika ibu hamil tersebut tidak memiliki riwayat alergi kacang, tidak apa-apa konsumsi kacang.

"Wanita hamil tidak boleh menghilangkan kacang-kacangan dari makanan mereka karena kacang tanah adalah sumber protein yang baik dan juga menyediakan asam folat, yang berpotensi mencegah cacat tabung saraf dan kepekaan kacang," ujar Gupta dilansir Medical News Today.

Intinya, jika ibu tidak ada alergi terhadap bahan makanan apapun, sebaiknya jangan dibatasi hanya karena alasan takut nanti bayinya alergi. Apalagi jika makanan tersebut bernutrisi tinggi. Kecuali, ibu memang punya riwayat alergi terhadap bahan makanan tertentu, meskipun makanan itu bernutrisi tinggi, selama hamil boleh dihindari.

Simak pula video soal manfaat teh untuk ibu hamil ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi