kehamilan

Makan Tapai Saat Hamil Bisa Sebabkan Rahim Panas?

Yuni Ayu Amida Rabu, 07 Aug 2019 14:30 WIB
Makan Tapai Saat Hamil Bisa Sebabkan Rahim Panas?
Jakarta - Kebanyakan ibu hamil biasanya khawatir soal makanan yang dikonsumsi. Itu sebabnya, beberapa makanan biasanya menjadi pantangan semasa kehamilan, misal makanan fermentasi seperti tapai.

Bunda mungkin bertanya-tanya, amankah mengonsumsi tapai saat hamil? Lalu, apakah konsumsi tapai bisa membuat rahim menjadi panas? Simak penjelasan ahli ini, Bun.

Dikatakan Dokter Umum dan Pemerhati Kesehatan Ibu & Anak dr.Annisa Oktantiani, MPH, ibu hamil makan tapai tidak menyebabkan rahim menjadi panas. Hal tersebut hanyalah mitos.


"Makan tapai aman untuk ibu hamil, jadi enggak akan menyebabkan rahim panas, mitos itu," ujar dokter yang disapa Tantiani ini kepada HaiBunda, usai mengisi acara di Jakarta baru-baru ini.

Makan Tapai Saat Hamil Bisa Sebabkan Rahim Panas?ilustrasi olahan tapai dalam bentuk puding /Foto: detikfood
Hanya saja kata Tantiani, tapai merupakan makanan fermentasi yang mengandung gas. Ibu hamil tetap perlu hati-hati dalam mengonsumsinya.

"Ya paling itu kan bergas, jadi takutnya mengganggu pencernaan, kalau pergerakan ususnya bertambah takutnya nanti bisa diare, diare pada ibu hamil kan bisa lebih bermasalah," jelas Tantiani.

Jadi secara keseluruhan, ibu hamil makan tapai tidak akan berdampak apa-apa ke janin dalam kandungan. Namun, mengonsumsinya pun harus sewajarnya saja, jangan berlebihan.

"Enggak berefek ke janinnya, tapi lebih ke pencernaan ibunya. Jadi makan boleh, enggak makan enggak apa-apa juga. Sebenarnya itu bukan pantangan banget sih," tuturnya.

Simak pula video soal alasan ibu hamil enggak boleh makan sushi, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi