kehamilan

Banyak Pantangan Makan Saat Hamil Bisa Mencegah Morning Sickness?

Yuni Ayu Amida Senin, 05 Aug 2019 15:34 WIB
Banyak Pantangan Makan Saat Hamil Bisa Mencegah Morning Sickness?
Jakarta - Umumnya, ibu hamil memang merasakan morning sickness atau mual muntah di pagi hari. Namun, apakah benar dengan banyak pantangan makanan bisa mengurangi morning sickness?

Ditegaskan dr.Ameetha Drupadi, hal tersebut tidak benar. Menurutnya, jika ibu hamil terlalu sedikit makan akan menyebabkan kurang nutrisi dan bisa berdampak pula pada janin dalam kandungan.

"Enggak juga sih, sebenarnya kalau makin banyak pantangan, jadinya ibunya makan apa dong? Kalau ibunya makannya jadi lebih sedikit, ibu lebih berpotensi lambungnya kosong, asam lambungnya naik, ibu mual," terang Ameetha, saat dihubungi HaiBunda.


Ameetha menambahkan, pantangan makanan pada ibu hamil itu sebenarnya wajar. Hanya saja, semua tergantung jenis makanannya, misal makanan mentah atau makanan yang memang bisa membahayakan ibu dan janin.

"Kalau memang misal pantangannya ibu banyak makan makanan mentah, itu dipantang karena memang di situ ada kuman, bakteri, atau cacing pita yang belum mati karena tidak dimasak," tutur wanita yang juga konselor laktasi ini.

[Gambas:Instagram]


Senada dengan Ameetha, dikatakan dr.Irfan Mulyana Mustofa, Sp.OG, mual muntah pada ibu hamil ini memang biasa kok, Bun. Hal ini karena pengaruh hormon kehamilan. Nah, untuk mengatasinya, bisa dilakukan dengan beberapa cara.

"Selain obat-obatan yang diberikan oleh dokter atau bidan, jenis makanan bisa disesuaikan yakni makan dalam porsi sedikit tapi sering. Atau ngemil makanan yang rendah kalori seperti mengunyah permen manis atau rasa jahe, makanan kering seperti biskuit," jelas Irfan, dikutip dari detikcom.

Selain itu, ibu hamil juga bisa minum air jahe hangat. Para dokter merekomendasikan jahe karena kandungannya terbukti bisa mengurangi rasa mual muntah semasa kehamilan.

Irfan menambahkan, mual saat hamil bisa juga disebabkan bau-bauan menyengat yang berasal dari makanan, parfum, atau sampah. Jadi, saran Irfan, pakailah masker atau hindari bau menyengat tersebut.

Bunda, simak juga yuk cerita Chikita Meidy merasa sangat bahagia semasa kehamilan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi