kehamilan

Teknologi Virtual Reality Bisa Bantu Alihkan Nyeri Persalinan?

Asri Ediyati Jumat, 16 Aug 2019 18:32 WIB
Teknologi Virtual Reality Bisa Bantu Alihkan Nyeri Persalinan? ilustrasi virtual reality/ Foto: iStock
Jakarta - Bagi Bunda yang sudah melahirkan, pasti tahu rasanya nyeri persalinan. Baru-baru ini peneliti dari University Hospital of Wales di Cardiff, menguji coba inovasi baru yang bisa bantu alihkan rasa nyeri persalinan. Uji coba yang dilakukan di penjuru Wales ini mereka nyatakan berhasil.

Bidan Suzanne Hardacre bilang teknologi virtual reality (VR) menjadi alternatif untuk manajemen nyeri. Hannah Lelii, salah satu calon ibu yang mencobanya bilang bahwa ia menyukainya.

"Itu (VR) benar-benar 360 derajat, jadi ketika saya berputar, belakang dan samping saya ada pemandangan (grafis). Itu yang menolong saya tetap relaks," kata Lelii dikutip dari BBC.

Sementara itu Hardacre, kepala bidang kebidanan di Cardiff dan dewan kesehatan Vale bilang, teknologi VR menjadi peluang bagi pihak tenaga medis untuk melakukan hal yang berbeda, inovatif, dan belum digunakan sama sekali.


"Ada peluang bagus untuk bisa dipakai para wanita yang ada pada tahap awal persalinan, untuk mencoba dan membantu mereka dengan bernapas dan relaksasi, serta mengalihkan rasa nyeri itu sementara," kata Hardacre.
ilustrasi virtual reality/ ilustrasi virtual reality/ / Foto: iStock
Lelii juga bilang bahwa sebagai pasien, ia sangat mengagumi teknologi itu. Menurutnya, teknologi VR sangat membantu para ibu yang melakukan persalinan. "Mungkin itu (VR) bukan untuk semua orang, bukan untuk semua tahap persalinan, namun saya pikir itu adalah alternatif," tambahnya.

Tak cuma untuk calon ibu, para ibu yang mengalami trauma melahirkan juga bisa menggunakan teknologi VR ini. Ia mengatakan VR diberikan kepada sang ibu yang akan melakukan induksi persalinan, dan alat ini paling baik digunakan selama tahap awal persalinan karena sang ibu lebih memegang kendali.

"Untuk hal-hal seperti persalinan awal saat ini kami dapat menawarkan air (untuk berendam di air hangat), pernapasan, dan relaksasi. Virtual reality memberikan dimensi lain untuk itu," ujar Hardacre.

Simak juga video tentang teknik rebozo yang juga bantu redakan nyeri persalinan.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi