kehamilan

Pentingnya Senam Hamil agar Mudah Melahirkan Normal

Muhayati Faridatun Kamis, 22 Aug 2019 14:00 WIB
Pentingnya Senam Hamil agar Mudah Melahirkan Normal
Jakarta - Saat memasuki trimester tiga kehamilan, Bubun disarankan dokter untuk ikut kelas senam ibu hamil. Dokter bilang, senam hamil membantu kelancaran proses melahirkan normal.

"Jangan cuma di kelas senam seminggu sekali, di rumah juga diulang gerakan-gerakannya setiap hari," kata dr.Achmad Mediana, Sp.OG.

Tanpa pikir panjang, Bubun pun mengikuti saran dokter untuk ikut kelas senam hamil seminggu sekali, tiap akhir pekan. Alhamdulillah, anak pertama Bubun lahir lewat persalinan normal.


Senada dengan itu, spesialis kebidanan dan kandungan RSUD Dr Soetomo Surabaya, dr.Hari Nugroho, Sp.OG, juga membenarkan bahwa senam hamil sangat bermanfaat.

"Tidak hanya senam sebetulnya, tapi berolahraga dalam kadar yang tidak terlalu berat dapat mengurangi komplikasi kehamilan," ucap Hari, dikutip dari detikcom.

Pentingnya Senam Hamil agar Mudah Melahirkan NormalIlustrasi senam hamil bantu memudahkan melahirkan normal/ Foto: iStock
Hari kemudian menjelaskan, senam hamil sudah didesain untuk melatih otot-otot yang menunjang proses persalinan, serta latihan pernapasan yang akan sangat membantu saat melahirkan.

"Otot yang lebih sering dilatih tentu akan lebih baik dibanding yang tidak dilatih," ungkap Hari.

Ia menegaskan, tidak hanya di atas tujuh bulan, sejak awal kehamilan pun Bunda boleh melakukan berbagai aktivitas fisik dengan intensitas yang disesuaikan.

Dianjurkan Hari, "Minta saran dokter lebih dahulu, apakah kehamilan ini normal atau tidak. Selama kehamilan normal, melakukan aktivitas dengan intensitas rendah sampai sedang sangat membantu."

Ya, dengan ikut kelas senam hamil, memang banyak manfaat yang Bubun rasakan. Terlebih saat kehamilan pertama. Selain menjaga kebugaran tubuh jelang melahirkan, Bubun juga diajarkan teknik mengejan yang benar.


Intip yuk gerakan-gerakan senam hamil dalam video berikut:

[Gambas:Video 20detik]

(muf/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi