kehamilan

Ibu Hamil Alami Anemia Bisa Melahirkan Normal?

Muhayati Faridatun Minggu, 25 Aug 2019 09:30 WIB
Ibu Hamil Alami Anemia Bisa Melahirkan Normal?
Jakarta - Anemia akibat defisiensi zat besi dikatakan wajar dialami ibu hamil. Tapi, sebagian ibu hamil mungkin jadi bertanya-tanya, bisa enggak sih melahirkan normal dalam kondisi anemia?

Saat memasuki tujuh bulan kehamilan anak kedua, hasil cek darah ternyata menunjukkan Bubun mengalami anemia. Kadar hemoglobin (Hb) Bubun saat itu 9,8 gram/desiliter (gr/dl). Angka tersebut berada di rentang anemia ringan yakni 8 - 11 gr/dl, dimana kondisi Hb normal ibu hamil adalah lebih dari 11 gr/dl.

Wah, terbayang dong bagaimana kecemasan Bubun. Takut banget kalau enggak bisa melahirkan normal, apalagi waktu persalinan sekira dua bulan lagi. Dokter pun memberi anjuran dan berusaha menenangkan.


"Banyak makan sayuran hijau dan daging merah ya, Bu," kata dr.Achmad Mediana, Sp.OG, ketika itu.

Selain itu, Bubun juga diberi vitamin untuk meningkatkan kadar Hb. Alhamdulillah, hasil cek darah satu bulan kemudian menunjukkan, kadar Hb Bubun kembali normal. Tepat di minggu ke-38 kehamilan, si jagoan kecil pun lahir lewat persalinan normal dan lancar.

Ibu Hamil Alami Anemia Bisa Melahirkan Normal?Ilustrasi ibu hamil anemia bisa melahirkan normal/ Foto: iStock
Apakah Bunda mengalami hal sama? Dijelaskan dalam ulasan Anemia in Pregnancy di Web MD, saat mengalami anemia, kandungan sel darah merah ibu hamil tidak cukup untuk mengirim oksigen ke janin.

Seharusnya, semasa kehamilan, tubuh Bunda memproduksi lebih banyak darah untuk mendukung perkembangan janin. Kalau kurang mengonsumsi zat besi atau nutrisi penting lain, kemungkinan kadar sel darah merah dalam tubuh Bunda tidak mencukupi, sehingga mengalami anemia.

Lalu, ibu hamil yang mengalami anemia apakah tetap bisa melahirkan normal? Mengutip Baby Center, anemia ringan tidak akan memengaruhi kehamilan atau peluang Bunda melahirkan normal.

Selama dokter atau bidan memberi suplemen zat besi dan Bunda minum sesuai resep, kondisi pasti membaik. Saat melahirkan, anemia yang Bunda alami kemungkinan hilang sepenuhnya.

Tapi, kalau mengalami anemia berat, Bunda sebaiknya konsultasi ke dokter atau bidan untuk pilihan kelahiran. Pasalnya, ibu hamil dengan kondisi anemia berat berisiko lebih besar melahirkan bayi prematur, juga terancam kehilangan lebih banyak darah selama persalinan.


Simak juga yuk, fakta manfaat air kelapa bagi ibu hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi