kehamilan

Takjubnya Rizal 'Armada' Saksikan Proses Kelahiran Sang Anak

Radian Nyi Sukmasari Senin, 26 Aug 2019 10:59 WIB
Takjubnya Rizal 'Armada' Saksikan Proses Kelahiran Sang Anak
Jakarta - Rizal 'Armada' dan sang istri, Monica Imas dikaruniai anak laki-laki pada Jumat (23/8/2019) lalu. Rizal pun berbagi pengalamannya ketika menyaksikan proses kelahiran putranya.

Rizal bersyukur proses kelahiran putranya berlangsung lancar. Sebelumnya, Monica perlu menjalani induksi. Rizal pun menemani sang istri bersalin sejak awal sampai selesai. Rizal sendiri merasa takjub melihat perjuangan Monica dalam melahirkan buah hati tercinta.

"Saya bersyukur punya istri yang kuat banget, saya nemenin dari awal sampai lahir, sampai dijahit, saya lihat semua prosesnya, bagaimana berdarah-berdarahnya, bagaimana ngeden-ngedennya, bagaimana perjuangannya, luar biasa sih," ungkap Rizal dilansir InsertLive.


Rizal menambahkan, sekitar seminggu sebelum melahirkan, Monica sudah mengalami pembukaan satu dan beberapa kali mengalami kontraksi. Tapi, si kecil baru lahir seminggu kemudian.

"Dari malam Lebaran (Idul Adha) kemarin udah pembukaan satu, cuma abis itu nggak nambah lagi. Kontraksi pun ada, tapi kontraksi palsu gitu kayaknya," imbuhnya.

Bicara tentang persalinan normal, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memperbesar peluangnya, seperti disampaikan bidan Diana Spalding, melansir dari Motherly.

1. Ikut kelas persalinan

Kata Spalding, dengan ikut kelas persalinan ibu hamil bisa menambah pengetahuan tentang proses persalinan sampai melahirkan. Kemudian, ibu bisa merasa lebih percaya diri karena tahu bagaimana proses persalinan berlangsung, bagaimana teknik yang dibutuhkan, dan intervensi apa yang bisa dilakukan.

Rizal 'Armada' dan istriRizal 'Armada' dan istri/ Foto: Dok. Instagram/monicaimas
2. Jaga kesehatan

"Penting bagi ibu hamil menyiapkan kesehatan jelang persalinan. Konsumsi makanan sehat, istirahat cukup, dan rutin berolahraga. Intinya tetap pertahankan gaya hidup aktif Anda," pesan Spalding.

3. Cari dukungan

Suami, orang tua, dan orang terdekat bisa memberi dukungan yang dapat jadi amunisi untuk ibu hamil berjuang melahirkan normal. Kata Spalding, hindari ditemani oleh orang yang justru membuat mental ibu down ketika menghadapi persalinan.



4. Percaya pada tubuh Bunda

"Tubuh wanita sudah dirancang sedemikian rupa untuk bisa melahirkan normal. Meskipun, karena beberapa sebab ibu terpaksa melahirkan caesar. Tapi, yang terpenting yakinlah pada kemampuan diri dan lakukan yang terbaik untuk ibu dan si kecil," papar Spalding.

Bunda, simak cerita Nadia Mulya empat kali hamil dan melahirkan di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi