kehamilan

6 Tips Cepat Pulih Setelah Melahirkan Normal

Yuni Ayu Amida Rabu, 28 Aug 2019 18:43 WIB
6 Tips Cepat Pulih Setelah Melahirkan Normal
Jakarta - Waktu pemulihan setelah melahirkan normal bagi setiap wanita bisa bervariasi, Bun. Hal ini disebabkan perbedaan sistem tubuh dalam merespons kehamilan dan persalinan.

Menurut dr.Frizar Irmansyah, Sp.OG, ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk mengembalikan stamina tubuh setelah melahirkan seperti mengontrol asupan gizi yang sehat, istirahat cukup, dan hindari stres. Selain itu, ibu juga bisa melakukan pijat tradisional.

Pijat tradisional ini pastinya harus dilakukan ahli. Selain itu, pijat ini mesti membuat Bunda nyaman dengan tidak mengganggu bekas luka jalan lahir.


Tak hanya itu, Frizar bahkan menganjurkan Bunda untuk relaksasi dengan pergi ke salon. Tidak ada pantangan tindakan tertentu, semuanya bergantung kepada kenyamanan Bunda dan biasanya dilakukan setelah masa nifas selesai, yaitu sekitar 40 hari.

"Sangat dianjurkan bagi ibu untuk pergi ke salon. Setelah melewati proses persalinan yang melelahkan, ada baiknya ibu rileks di salon, seperti untuk manicure, padicure, creambath, dan lain-lain," jelas Frizar, dikutip dari detikcom.

Selain cara yang dijabarkan Frizar, berikut ini dilansir dari berbagai sumber, beberapa tips cepat pulih setelah melahirkan normal yang bisa Bunda terapkan.

1. Banyak istirahat

Pastikan Bunda meluangkan waktu untuk tidur dan menyembuhkan diri. Bunda juga butuh dukungan khususnya dari pasangan karena biasanya, bayi yang baru lahir akan sering terjaga dan menangis. Waktu terbaik untuk bisa tidur adalah ketika bayi juga tidur.

2. Gunakan es batu

Es batu dapat membantu meredakan pembengkakan. Balut es batu dengan kain, lalu kompreskan pada bagian tubuh Bunda yang terasa ngilu.

3. Makanan bergizi dan air putih

6 Tips Cepat Pulih Setelah Melahirkan NormalFoto: iStock


Pastikan tubuh mengonsumsi banyak protein dan serat agar segera pulih. Selain itu, cobalah makan makanan yang bertekstur ringan seperti bubur, sup, sayuran, juga buah. Dan jangan lupa, Bun, minum air putih yang banyak ya.

4. Jangan paksakan buang air besar

Memang penting untuk memastikan usus bekerja secara teratur, tetapi jangan mendorong atau mengejan terlalu kuat saat buang air besar. Sebaiknya, minum banyak cairan, makan makanan tinggi serat, guna membantu melunakkan fases. Jika memaksakan buang air besar, bisa meningkatkan tekanan pada bagian yang sudah sakit, sehingga pemulihan jadi lebih lama.

5. Gunakan pakaian longgar

Pakaian ketat bukanlah ide yang bagus ketika tubuh masih merasa sakit akibat persalinan. Jika tetap ingin mempertahankan aliran darah yang sehat dan menjaga tekanan di seluruh tubuh, gunakanlah pakaian longgar.


6. Lakukan senam kegel

Tubuh akan banyak berubah selama dan setelah kehamilan. Perubahan ini bisa memengaruhi otot pinggul bekerja. Jika mereka tidak bekerja dengan baik, maka bisa menyebabkan stres inkontinensia yakni kondisi di mana kita tidak bisa mengontrol buang air kecil kita.

Untuk kembali memperkuat otot dasar panggul, kita bisa melakukan latihan seperti olahraga kegel. Namun, ini sebaiknya dilakukan setelah kondisi Bunda lebih baik, mungkin beberapa hari setelah melahirkan. Dan latihan ini sebaiknya rutin, serta minta bantuan bidan atau ahli untuk menunjukkan bagaimana teknik kegel yang tepat.

Bolehkah bayi lahir dibedong? Simak penjelasan dalam video berikut, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi