kehamilan

Ibu Baru Sadar Hamil Saat Usia Kandungan 6 Bulan, Kok Bisa?

Radian Nyi Sukmasari Senin, 30 Sep 2019 08:29 WIB
Ibu Baru Sadar Hamil Saat Usia Kandungan 6 Bulan, Kok Bisa?
Jakarta - Bunda bisa saja sering dengar wanita yang mengaku enggak tahu kalau dirinya hamil. Tiba-tiba tahu saat usia kandungannya sudah lebih dari 4 minggu bahkan ada yang sudah jelang melahirkan.

Inilah yang dialami ibu asal Iowa, AS bernama Shelby Magnani. Dilaporkan WHOTV, Magnani tahu dirinya hamil ketika ke UGD karena sakit perut dahsyat. Setelah di-USG, dia diketahui hamil anak kembar di usia kandungan 6 bulan.

Janin kembar Magnani disebut monoamniotik di mana dua janin berbagi satu plasenta dan satu kantung kehamilan. Biasanya, peluang hidup salah satu janin hanya 50 persen. Namun, Magnani yakin bayinya baik-baik saja.


"Ini situasi yang benar-benar aneh," kata pasangan Magnani, James Croskey dilansir Parents.

Mungkin Bunda bertanya-tanya, kok bisa Magnani enggak sadar dirinya sedang hamil? Meski bukan hal umum, kondisi ini memang bisa terjadi dan disebut cryptic pregnancy, Bun.

Ahli gizi Debra Sullivan mengatakan cryptic pregnancy disebut juga kehamilan samar atau tersembunyi. Sebab, kehamilan tersebut tidak dapat terdeteksi melalui pemeriksaan medis konvensional.

"Ini jarang terjadi. Sebuah studi menemukan 1 dari 475 wanita memang tak menyadari kehamilannya," kata Sullivan dilansir Health Line.

Sementara itu, ahli endokrinologi reproduksi, di Extend Fertility, Bat-Sheva Lerner Maslow, MD, mengatakan gejala awal hamil seperti mual muntah, lelah, dan kenaikan bobot bisa berbeda pada tiap wanita. Saat terjadi amat parah, si wanita bisa menganggapnya gangguan pencernaan kronis atau akut.

Ibu Sadar Hamil Saat Usia 6 Bulan, Alami Cryptic Pregnancy?Ibu Sadar Hamil Saat Usia 6 Bulan, Alami Cryptic Pregnancy?/ Foto: iStock
Namun, ketika si wanita tak terlalu merasa gejala tersebut, bisa saja dia tak sadar dirinya hamil. Kata Maslow, terlebih saat wanita punya siklus haid tidak teratur. Telat haid sering dianggap biasa.

"Atau sebaliknya, ketika sadar dirinya telat haid dan langsung cek kehamilan dengan test pack, hasilnya negatif palsu. Ini disebabkan cek hamil terlalu dini dilakukan, idealnya cek dengan test pack dilakukan seminggu setelah Anda telat haid," papar Maslow dilansir Health.



"Atau, ketika Anda menggunakan bukan urine setelah bangun tidur," pungkasnya.

Simak juga gerakan pencegah pegal saat ibu hamil jalan-jalan di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi