kehamilan

7 Bahan Herbal Dipercaya Bisa Sembuhkan Luka Operasi Caesar

Annisa Karnesyia Selasa, 01 Oct 2019 17:20 WIB
7 Bahan Herbal Dipercaya Bisa Sembuhkan Luka Operasi Caesar
Jakarta - Memilih operasi caesar untuk proses melahirkan memang memiliki dampak, Bunda. Pasalnya, penyembuhan luka operasi caesar butuh waktu yang enggak sebentar.

Menurut Dr.Debra Sullivan, dosen keperawatan Universitas Nevada, melahirkan dengan operasi caesar membutuhkan masa pemulihan maksimal selama enam minggu hingga ibu bisa beraktivitas normal kembali. Tapi, pemulihan itu bisa dipercepat jika ibu lebih peduli dengan kondisi tubuhnya sendiri.

"Ibu setelah melahirkan caesar sebaiknya cepat pulih agar memiiki banyak waktu bonding bersama bayi," ujar Sullivan, dikutip dari Health Line.

Berbagai cara bisa Bunda lakukan untuk mempercepat penyembuhan luka. Misalnya, beristirahat dengan cukup, menjaga kondisi tubuh, dan memperhatikan asupan nutrisi. Pada kondisi tertentu, dokter akan memberikan obat penahan rasa sakit.

Cara lainnya, Bunda bisa manfaatkan bahan herbal untuk mengurangi sakit dan meminimalisir penggunaan obat-obatan. Melansir dari Mama Natural, penulis buku The Mama Natural Week-by-Week Guide to Pregnancy and Childbirth, Genevieve Howland, mengatakan, meski obat diberikan dokter, keputusan menggunakannya balik lagi ke kita.

"Jika seorang ibu memiliki tekanan darah tinggi, ini bisa menyebabkan stroke atau kejang. Ditambah rasa sakit akibat operasi caesar bisa buat ibu sulit beristirahat dan merawat diri sendiri dan bayinya," ujar Howland.

Mengutip berbagai sumber, berikut 7 bahan herbal yang bisa membantu penyembuhan luka akibat operasi caesar. Klik next untuk lihat daftarnya ya, Bunda.

Simak juga tips perawatan diri setelah melahirkan di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi