kehamilan

Bukaan Lahir Tak Kunjung Bertambah, Haruskah Operasi Caesar?

Ratih Wulan Pinandu Kamis, 26 Sep 2019 18:40 WIB
Bukaan Lahir Tak Kunjung Bertambah, Haruskah Operasi Caesar?
Jakarta - Melahirkan adalah proses menegangkan untuk sebagian ibu hamil. Kecemasan dan ketakutan bercampur menjadi satu, menghadapi kemungkinan yang bisa terjadi selama proses bersalin nantinya.

Pada Bunda yang baru pertama kali mau melahirkan, biasanya akan lebih panik kalau bukaan lahir tak kunjung bertambah. Merasakan mulas selama berjam-jam, bahkan kadang bisa seharian tentu bukan hal yang mudah.

Seperti pengalaman Bubun saat mau melahirkan anak pertama dulu. Harus berjuang melawan kontraksi selama 12 jam. Di mana bukaan satu terjadi pada pukul 10 malam, namun jam-jam selanjutnya tak menunjukkan pertambahan bukaan. Hingga akhirnya, si mungil nongol tepat di jam 10 pagi.


Selain pengalaman Bubun, ternyata ada beberapa bunda yang bercerita kalau disuruh pulang lagi ke rumah, saat bukaan tak kunjung nambah. Pihak rumah sakit mengatakan kalau Bunda bisa melakukan aktivitas seperti biasa sambil menunggu pembukaan lengkap.

Ingat ya, Bun, saat bukaan lahir tak kunjung bertambah sebaiknya jangan buru-buru memutuskan untuk operasi caesar. Hadapi rasa mulas dengan lebih ikhlas, untuk membuat Bunda sedikit lebih nyaman.

Menanggapi hal itu, dr.Boy Abidin, Sp.OG, dari Mitra Keluarga Kelapa Gading juga mengungkap kematangan bishop score. Bunda diharapkan tenang, karena kematangan bishop score secara umum terjadi di minggu 36 - 37 kehamilan.

Bukaan Lahir Tak Kunjung Bertambah, Haruskan Operasi Caesar?Bukaan lahir dan operasi caesar/ Foto: iStock

Selain itu, menurutnya, kondisi serviks yang kaku juga akan ikut memengaruhi bukaan lahir. Diungkap Boy, beberapa dokter menemukan kondisi serviks terlalu kaku. Meski belum diketahui pasti penyebabnya.

"Tapi ada juga yang serviks terbuka terus, problem incompetence cervix yang membuat orang keguguran terus karena serviksnya terlalu longgar. Jadi itu anatomi dari serviks sendiri," ungkap Boy, dikutip dari detikcom.

Buat Bunda yang mengalami pecah ketuban sebelum bukaan lengkap juga enggak perlu khawatir berlebihan. Melansir Web MD, Bunda yang mengalami pecah ketuban tiga minggu lebih cepat dari hari perkiraan lahir, harus menunggu hingga beberapa jam kemudian agar dokter atau bidan dapat memutuskan apakah Bunda tetap dapat melahirkan normal.

Hal itu sangat diperlukan, sebelum mengambil keputusan untuk melakukan induksi persalinan. Sebab, sebagian besar wanita akan melahirkan normal dalam jangka waktu 12 jam.

Nah, Bun, jangan buru-buru untuk melakukan operasi caesar ya meskipun bukaan tak kunjung bertambah. Menurut ulasan Health Line, persalinan caesar hanya disarankan jika terjadi persalinan darurat.

Misalnya saat ibu hamil mengalami persalinan yang sangat lama. Kejadian ini dikenal dengan istilah 'kegagalan untuk maju' atau 'persalinan macet', jika proses persalinan terjadi selama lebih dari 20 jam. Sedangkan untuk kelahiran pertama bisanya lebih dari 14 jam.

Dokter dan tim medis biasanya akan mempertimbangkan operasi caesar jika janin yang terlalu besar untuk menembus jalan lahir, penipisan serviks yang lambat, dan persalinan normal yang berisiko tinggi.

Kondisi janin yang tak mendapat cukup oksigen juga menjadi salah satu alasannya. Selain itu, posisi bayi yang tak normal biasanya juga membuat dokter harus melakukan persalinan dari jalur operasi.

Saat berada dalam situasi ini, dr.Karno Suprapto, Sp.OG, dari Mayapada Healthcare Jakarta Selatan menyarankan agar Bunda tidak diam saja sambil menunggu bukaan bertambah dengan sendirinya. Lebih banyak banyak berdiri dan berjalan kaki untuk memancing bukaan lebih cepat terjadi.

"Kalau kita berdiri, kepala bayi akan menekan mulut rahim. Ini adalah proses bagaimana mulut rahim terbuka, kalau enggak ada yang tekan gimana mau membuka. Jadi dengan berjalan dan berdiri, maka makin keras tekanannya jadi makin cepat terbuka," tegas Karno.


Lebih lanjut, menurutnya, saat rasa mulas makin terasa lebih sering adalah pertanda yang baik. Selama rasa mulas masih Bunda rasakan, itu artinya akan ada hasrat untuk mengejan dan membantu janin turun ke mulut rahim.

Tetap optimis dan tenang dalam menjalani persalinan ya, Bun. Jangan lupa juga berdoa agar makin dilancarkan proses persalinannya. Amin.

Simak juga yuk, cerita Tasya Kamila yang mengalami persalinan penuh drama, dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi