kehamilan

Apa Itu Hamil Anggur? Cari Tahu Yuk Bunda

Annisa Karnesyia Jumat, 04 Oct 2019 07:40 WIB
Apa Itu Hamil Anggur? Cari Tahu Yuk Bunda
Jakarta - Kehamilan sehat adalah dambaan semua wanita. Namun, tak jarang beberapa wanita mengalami kehamilan tidak normal, misalnya hamil anggur.

Hamil anggur adalah salah satu penyebab keguguran, Bun. Kata dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dr.Boy Abidin, SpOG, semua ibu hamil memiliki risiko untuk mengalami hamil anggur. Bila tidak dikelola dengan baik, bisa berubah menjadi suatu keganasan.

"Risiko lebih tinggi untuk wanita yang usianya di atas 35 tahun atau di bawah 20 tahun," kata Boy, dalam acara Dr.Oz Indonesia di Trans TV.


Hamil anggur terjadi karena bakal janin tidak berkembang. Penyebabnya, sel telur dan sperma yang harusnya tumbuh menjadi janin, justru tumbuh jadi plasenta.

"Kondisi ini terjadi saat sel telur bertemu dengan sel sperma, kemudian tumbuh. Harusnya kan menjadi plasenta, janin, dan air ketuban, tapi yang jadi bakal janin tidak berkembang baik. Yang berkembang baik adalah bakal plasenta dan tumbuhnya berlebih," ujar Boy.

Ilustrasi ibu hamilIlustrasi ibu hamil/ Foto: iStock


Mengutip laman National Cancer Institute Amerika, hamil anggur dalam istilah medis dikenal dengan nama mola hodatidosa atau kehamilan mola. Kondisi ini terjadi karena pertumbuhan sel-sel trofoblastik. Sel ini membantu embrio menempel pada rahim dan membentuk plasenta setelah pembuahan sel telur oleh sperma.

Bila dijelaskan lebih detail, ini berhubungan kromosom, Bun. Dilansir Mayo Clinic, jumlah sel manusia normalnya memiliki 23 pasang kromosom. Satu kromosom di setiap pasang berasal dari ayah dan ibu.

Pada kehamilan anggur, sel telur kosong dibuahi oleh satu atau dua sperma, dan semua materi genetik berasal dari ayah. Kemudian ini menyebabkan sel telur ibu hilang atau tidak aktif dan kromosom ayah justru digandakan.

Pada kondisi hamil anggur parsial atau tidak lengkap, kromosom ibu ada, tapi ayah harus menyediakan dua kromosom. Akibatnya, embrio memiliki 69 kromosom, bukannya 46.

Jika wanita pernah mengalami hamil anggur, kemungkinan besar dia akan mengalaminya lagi. Rata-rata 1 dari 100 wanita bisa terkena hamil anggur lagi, Bun.

Simak penjelasan lengkap tentang hamil anggur di video berikut ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi