Sign Up search


kehamilan

Tanda Hamil 1 Bulan Berdasarkan Frekuensi Buang Air Kecil

Yuni Ayu Amida Jumat, 13 Mar 2020 13:36 WIB
Tanda Hamil 1 Bulan Berdasarkan Frekuensi Buang Air Kecil caption
Jakarta - Salah satu tanda atau ciri-ciri hamil bisa dilihat dari frekuensi buang air kecil, Bunda. Bagaimana bisa? Simak penjelasan ahli ini ya.

Batya Grundland, seorang dokter spesialis kebidanan dan perawatan bersalin di Women's College Hospital di Toronto mengatakan, sering buang air kecil adalah gejala kehamilan yang sangat umum. Meski begitu, tanda ini juga akan disertai tanda-tanda hamil lainnya.


"Ini sering disertai dengan tanda-tanda lain seperti menstruasi yang hilang, kelelahan, dan nyeri payudara," kata Grundland, dilansir Today's Parent.


Lebih lanjut, Grundland menjelaskan pada awal kehamilan, sekitar enam atau 20 minggu sering buang air kecil berkaitan dengan beberapa perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh. Hormon-hormon merangsang ginjal untuk menghasilkan lebih banyak urine. Selain itu, ibu hamil juga mengalami kompresi fisik kandung kemih dari bayi saat tumbuh.

"Jadi ada sedikit kemampuan untuk menahan air seni," katanya.

Tanda Hamil 1 Bulan Dilihat dari Frekuensi Buang Air KecilTanda Hamil 1 Bulan Dilihat dari Frekuensi Buang Air Kecil/ Foto: Getty Images/iStockphoto/comzeal


Terkait seberapa sering Bunda buang air kecil selama hamil, tidak ada jumlah benar atau salah. Grundland hanya menekankan, frekuensi buang air kecil yang meningkat ini bukanlah gejala yang dikhawatirkan, karena ini gejala normal kehamilan. Kecuali, jika saat buang air kecil ada rasa sakit atau berdarah, barulah harus waspada dan hubungi dokter.

"Jika sering buang air kecil disertai dengan rasa sakit, ada darah di urine, demam atau kedinginan, itu akan menjadi alasan yang perlu diperhatikan. Gejala-gejala ini bisa menjadi tanda infeksi saluran kemih, yang umum terjadi pada kehamilan," ujar Grundland.

Sementara itu, mengutip What to Expect, wanita hamil tidak bisa mencegah sering buang air kecil selama kehamilan. Meski begitu, ada sedikit trik yang bisa dilakukan, seperti jangan mengonsumsi minuman kafein, karena minuman ini bisa membuat kita semakin sering buang air kecil.

Disarankan juga, selama hamil sebaiknya jangan minum sebelum tidur atau batasi cairan sebelum tidur. Hal ini agar Bunda tidak harus sering ke kamar mandi saat malam hari.


Sudah menjawab Bun pertanyaan mengenai ciri hamil yang Bunda alami? Nah, berikutnya simak juga ciri hamil dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]




(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi