kehamilan

Pelihara Kucing Saat Hamil, Pasti Kena Tokso?

Muhayati Faridatun Minggu, 06 Oct 2019 13:41 WIB
Pelihara Kucing Saat Hamil, Pasti Kena Tokso?
Jakarta - Banyak yang bilang, memelihara kucing saat hamil sangatlah berbahaya. Tak sedikit yang khawatir kehamilan akan sangat berisiko tertular toksoplasma. Benar enggak sih?

Ada sedikit cerita nih dari teman Bubun. Setelah dua tahun menikah, dia belum juga hamil. Banyak yang mengingatkan, mungkin karena dia dan suami senang memelihara kucing jadi menghambat program kehamilan.

Meski begitu, mereka tetap saja memelihara kucing di rumah. Kalau ada kucing yang sakit, mereka bahkan dengan sigap memeriksakan ke klinik hewan.


"Pernah dirawat satu bulan, habis (biaya) hampir 10 juta (rupiah)," ucap teman Bubun.

Namanya hobi memang begitu ya, Bunda. Alhamdulillah, berkat usaha dan doa, teman Bubun hamil dan melahirkan dengan lancar dan selamat. Sekarang, putri pertama mereka sudah TK lho, Bunda. Mereka juga sudah dikaruniai anak kedua laki-laki. Senangnya!

Nah, sebenarnya aman enggak sih memelihara kucing saat hamil? Apakah pasti tertular toksoplasma?

Mengutip detikcom, toksoplasma atau infeksi pada manusia ini ditimbulkan oleh parasit protozoa Toxoplasma gondii (T. gondii), yang disebarkan hewan ke manusia. Tapi, lain hal bagi ibu hamil yang bisa menyebarkan infeksi ini pada janin dalam kandungan.

"Sebenarnya, tokso itu lebih kepada kucing karena kucing itu induk semangnya tokso. Enggak semua kucing bisa menularkan tokso," ungkap drh.Elvinka Ruth.

Ia menambahkan, "Beberapa kucing yang terinfeksi tokso yang bisa menularkan itu ke manusia."

Pelihara Kucing Saat Hamil, Pasti Kena Tokso?Ilustrasi ibu hamil pelihara kucing/ Foto: iStock
Untuk pencegahan, Elvinka menyarankan agar menjaga kebersihan. Misal kalau kucing BAB harus cepat-cepat dibersihkan. "Karena tokso itu menular secara oral," tegasnya.

Jangan lupa juga, Bunda, pakai sarung tangan saat membersihkan kotoran kucing. Untuk makanan, sebaiknya hindari pemberian daging mentah karena bisa jadi ada parasit T. gondii yang masih hidup di sana.

Pastikan selalu cuci tangan sebelum makan. Yang tak kalah penting, kucing yang Bunda pelihara harus diberi vaksin. Melansir dari Web MD, bisa jadi mengidap toksoplasmosis tanpa menyadarinya. Tapi jika sistem kekebalan tubuh kita sehat, kemungkinan tidak akan menimbulkan masalah.

Dijelaskan dalam ulasan berjudul What Is Toxoplasmosis? tersebut, masalah cenderung dirasakan pada orang yang terganggu sistem kekebalannya. Seperti pengidap HIV atau beberapa jenis kanker. Infeksi tokso bisa menyebabkan kista, biasanya di otak dan otot, bahkan jantung.

Bagaimana dengan ibu hamil? "Berbahaya bagi bayi karena mereka berkembang dalam rahim. Seorang ibu hamil bisa menularkan kepada bayinya. Ini bisa menyebabkan masalah di otak atau mata," jelas ulasan tersebut.


Jadi, ibu hamil harus tetap waspada ya. Berikut cara penularan parasit tokso yang harus Bunda ketahui:

1. Membersihkan kotoran kucing
2. Minum air yang mengandung parasit
3. Makan daging mentah atau kurang matang
4. Pakai peralatan makan yang terkena daging mentah
5. Transfusi darah atau donor organ

Simak juga curahan hati Tantri 'Kotak' tak mau salahkan diri sendiri lantaran hamil dengan toksoplasma, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi