sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Ciri Ibu Hamil Terkena Tokso, Mirip Kena Flu

Asri Ediyati Minggu, 30 Aug 2020 11:32 WIB
Woman patient on hospital bed caption
Jakarta -

Bagi kebanyakan orang, infeksi ini tidak menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Tapi bagi bayi yang sedang tumbuh dalam kandungan, bisa menyebabkan kerusakan otak dan kehilangan penglihatan.

Untungnya, mengutip laman resmi Children Hospital risiko penularan parasit ke janin oleh ibu selama trimester pertama kehamilan (saat bayi paling rentan) relatif rendah, yaitu 15 hingga 20 persen.

Namun, tokso tetap tidak boleh kita anggap enteng selama kehamilan, karena pada trimester ketiga, wanita hamil dengan toksoplasmosis memiliki peluang 60 persen untuk menginfeksi anaknya.


Dari mana sih datangnya protozoa T.gondii ini? Selama ini mungkin Bunda hanya tahu kalau tokso berasal dari kotoran kucing, ternyata penyebabnya enggak cuma itu. Mengutip Mayo Clinic, kuman tokso datang dari minuman dan makanan yang terkontaminasi, sayuran mentah, buah yang tidak dicuci, dan berbagai peralatan dapur yang tidak dicuci dengan baik.

Jadi, perlu waspada ya, Bunda? Nah, menurut Shahnaz Akhtar Chaudhry, MD dan rekan-rekannya dalam publikasi ilmiahnya tentang toksoplasmosis, kebanyakan orang yang imunokompeten (daya tahan tubuh baik) yang tertular tokso tidak menunjukkan gejala, atau mungkin mengalami gejala mirip flu yang tidak spesifik.

Lebih lengkapnya, berikut lima ciri ibu hamil terkena tokso:

1. Pembengkakan kelenjar getah bening

Dilansir Medscape, salah satu ciri paling umum saat ibu hamil terkena tokso adalah adanya pembengkakan kelenjar getah bening atau lymphadenopathy. Pembengkakan ini wajar terjadi karena fungsi kelenjar getah bening adalah membantu tubuh melawan infeksi.

2. Demam

Demam juga merupakan ciri paling umum saat ibu hamil terkena tokso. Demam merupakan tanda bahwa tubuh sedang mengalami inflamasi, melawan benda asing yang tak dikenal oleh tubuh.

3. Nyeri otot

Nyeri otot juga kerap dialami ketika orang sedang flu. Jika Bunda sedang hamil dan memiliki hewan peliharaan atau sering konsumsi lalapan mentah, lebih baik waspada dengan gejala ini.

4. Kelelahan

Rasanya kelelahan hampir dialami setiap ibu hamil. Namun, jika Bunda merasa ini perlu diperiksa karena Bunda termasuk golongan berisiko (punya hewan peliharaan kucing, sering makan lalapan mentah) maka konsultasikan ke dokter.

5. Nyeri tenggorokan

Ciri kena tokso salah satunya yaitu nyeri tenggorokan. Sama seperti flu ya? Nah, jika Bunda merasa khawatir dan termasuk golongan berisiko maka lebih baik tanyakan hal ini ke dokter.

Pentingnya tes TORCH

Tes TORCH adalah panel tes untuk mendeteksi infeksi pada wanita hamil. Tes TORCH ini bisa mendeteksi toksoplasmosis, HIV, hepatitis, varicella, parvovirus, rubella, cytomegalovirus, dan herpes simplex.

Infeksi dari kuman dan virus tersebut dapat ditularkan ke janin selama kehamilan. Mengutip Healthline, lebih baik Bunda menjalani tes ini di awal kunjungan dengan dokter kandungan. Deteksi dan pengobatan dini infeksi dapat mencegah komplikasi pada bayi baru lahir.

Selain tokso, menurut dr.Karno Suprapto, Sp.OG, yang paling ditakutkan adalah rubella. Kalau virus ini menginfeksi ibu hamil di bawah usia kandungan 20 minggu dan kontak langsung ke bayi, Bunda enggak disarankan untuk lanjutkan kehamilan.

"Tapi kalau sudah di atas 20 minggu, biasanya aman karena organ bayi sudah terbentuk sempurna," tutur Karno kepada HaiBunda.

Semoga informasinya membantu ya, Bunda.

Simak juga 14 ciri hamil yang jarang disadari melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi