kehamilan

Bayi Kembar Irish Bella & Ammar Zoni Meninggal Dalam Kandungan

Muhayati Faridatun Minggu, 06 Oct 2019 19:40 WIB
Bayi Kembar Irish Bella & Ammar Zoni Meninggal Dalam Kandungan
Jakarta - Duka menyelimuti pasangan selebriti Irish Bella dan Ammar Zoni. Bayi kembar dalam kandungan Irish Bella meninggal dunia, Minggu (6/10/2019).

Mengutip InsertLive, jasad bayi kembar tersebut dimakamkan di TPU Kalimulya 1, Depok, Jawa Barat. Ammar Zoni pun tak mampu menyembunyikan kesedihan atas kehilangan dua buah hati pertamanya itu.

"Hari ini anak pertama kami, putri pertama saya dengan Irish harus diambil lagi sama Allah. Karena itu semua titipan, dan Allah sekarang sudah minta titipan itu," ucap Ammar, usai mengantarkan si kembar ke tempat peristirahatan terakhir.


Seperti Bunda ketahui, Irish Bella sempat mengalami perdarahan saat usia kandungan memasuki enam bulan. Ia pun harus menjalani rawat inap di rumah sakit.

Lalu pada pertengahan September lalu, Irish didiagnosis mengidap infeksi saluran kemih (ISK). Ketika itu, Ammar sempat memastikan Irish cepat mendapat penanganan dokter.

"Keadaan Mommy-nya ini Alhamdulillah baik cuma memang dari tekanan darah tingginya menurun, trombosit bagus, leukosit tapi menurun. Terjadi indikasi infeksi di saluran kemih tapi Alhamdulillah tidak masalah. Jadi baru indikasi, karena penanganan dari dokter yang cepat," ungkap Ammar Zoni, lewat channel YouTube miliknya.

"Kontraksi patut dipantau ibu-ibu semua, caranya cukup dipegang dari pusar, kencang atau tidaknya. Kalau di pusar ibunya enggak kencang berarti tidak kontraksi," sambungnya.

Irish Bella/ Foto: dok. Instagram Irish Bella
Perlu Bunda tahu, infeksi saluran kemih (ISK) atau infeksi kandung kemih adalah peradangan bakteri di saluran kemih. Dikutip dari American Pregnancy Association, wanita hamil memiliki risiko lebih tinggi untuk ISK mulai dari minggu ke-6 hingga ke-24.

ISK lebih sering terjadi selama kehamilan karena perubahan saluran kemih. Rahim tepat berada di atas kandung kemih, jadi saat rahim membesar, peningkatan beratnya dapat menghalangi drainase urine dari kandung kemih, menyebabkan infeksi.

Menurut dr.Triani Ismelia Firdayanti, Sp.OG., angka ibu hamil di Indonesia yang mengalami infeksi saluran kemih (ISK) mencapai 20 sampai 25 persen. Ketika ibu hamil mengalami ISK, risikonya enggak main-main. Salah satunya seperti dialami Irish Bella yakni kontraksi dini.

"Ibu hamil yang mengalami ISK memiliki risiko yang cukup berat, yakni kontraksi dini, kelahiran prematur hingga yang paling parah kematian janin," ujar Triani.


Simak penjelasan dokter tentang antibiotik bisa memicu keguguran, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi