kehamilan

Ekstrem! Kartika Putri Olahraga Keliling GBK untuk Percepat Lahiran

Siti Hafadzoh Selasa, 22 Oct 2019 13:03 WIB
Ekstrem! Kartika Putri Olahraga Keliling GBK untuk Percepat Lahiran
Jakarta - Cerita persalinan Kartika Putri sedang heboh dibicarakan. Kartika ngotot melahirkan di rumah, padahal suaminya, Usman bin Yahya sudah menyiapkan persalinan di rumah sakit.

Dilansir detikcom, sebelum merasakan kontraksi di rumah, Kartika Putri sempat berolahraga di Gelora Bung Karno (GBK), Bun. Ia melakukan olahraga jalan cepat sebanyak tiga putaran.

"Jadi aku tuh sudah 40 minggu kan, karena aku pingin banget cepat lahiran jadilah aku ke GBK. Di sana aku jalan cepat, dapat tuh 3 putaran tapi sampai akhirnya aku sama sekali enggak capek," kata Kartika di acara !nsert Story.


Selain berolahraga di luar rumah, Kartika Putri juga suka melakukan kegiatan fisik di rumah. Misalnya, naik turun tangga untuk membantu pembukaan jalan lahir.

"Alhamdulillah terbilang cepat kok. Aku juga di rumah masih bisa naik turun tangga kan nah apalagi aku masih sempat ngambil cemilan tuh ke dapur, sebelum lahiran jadilah kan aku ke dapur," ujar Kartika.

Ternyata, olahraga yang dilakukan oleh Kartika Putri memang berdampak lho terhadap durasi persalinan. Dikutip dari ABC News, menurut sebuah studi, ibu yang melakukan olahraga tiga kali seminggu bisa memiliki waktu persalinan 50 menit lebih cepat.

Ekstrem! Kartika Putri Olahraga Keliling GBK untuk Percepat LahiranKartika Putri dan suami/ Foto: instagram @mariophotographie

Selain itu, dr.Karno Suprapto, Sp.OG, dari Mayapada Healthcare Hospital, Jakarta Selatan, menjelaskan banyak jalan dan berdiri dapat membantu mendorong janin untuk menekan mulut lahir.

"Kalau kita berdiri, kepala bayi akan menekan mulut rahim. Ini adalah proses bagaimana mulut rahim terbuka, kalau enggak ada yang neken gimana mau membuka. Jadi dengan berjalan dan berdiri, maka makin keras tekanannya jadi makin cepat terbuka," tegas Karno.

Untuk Bunda yang sedang hamil, bisa dicoba nih olahraga jalan cepat seperti yang dilakukan Kartika Putri di GBK. Tapi, jangan terlalu capek ya, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi