kehamilan

Satu Hal yang Bikin Kartika Putri Khawatir Jalani Proses Lahiran

Annisa Karnesyia Kamis, 29 Aug 2019 18:30 WIB
Satu Hal yang Bikin Kartika Putri Khawatir Jalani Proses Lahiran
Jakarta - Kartika Putri sedang menanti kelahiran anak pertamanya. Perasaan istri Usman Bin Yahya ini mulai campur aduk menjelang lahiran.

Meski awalnya baik-baik saja, semakin ke sini Kartika mulai merasa takut. Banyak ungkapan kekhawatiran muncul dari wanita 28 tahun itu, Bun.

"Dia enggak deg-degan sih (awalnya), cuma tiba-tiba 'gimana ya, bisa enggak ya, aduh bakalan ngedennya lama nih', gitu saja," kata Usman, dikutip dari detikcom.


Menurut Kartika, semua bermula saat dirinya menonton video proses melahirkan. Padahal sang suami sudah melarang agar Kartika tidak takut.

"Salahnya aku nonton orang lahiran sih, selalu lihat (di Youtube)," ujar Kartika.

"Cuma aku penasaran saja, yang aku buka tuh proses lahiran 18 jam, terus yang berhari-hari, jadi yang bikin takut tuh aku sendiri," sambungnya.

Kartika Putri dan suaminya, Usman Bin Yahya/Kartika Putri dan suaminya, Usman Bin Yahya/ Foto: Yuni Ayu Amida

Presenter dan pemain film My Stupid Boyfriend ini juga mengaku telah menonton berbagai macam jenis video melahirkan. Meski takut, dia berharap persalinannya bisa berjalan lancar.

"Sudah lihat semua video, dari model caesar, normal sudah semua. Semoga baby-nya bisa diajak kerja sama. Sering ajakin ngobrol saja," tuturnya.

Mengalami kekhawatiran dan rasa takut jelang melahirkan bisa dialami siapapun. Melansir dari Parents, sekitar 10 persen wanita hamil mengalami rasa takut yang intens terutama soal proses persalinan.

Ketakutan ini bisa mengarah ke stres yang memicu masalah serius, Bun. Misalnya, kelahiran cepat atau lama, lahir dengan bayi kecil, atau risiko lainnya yang membuat ibu harus melahirkan dengan proses caesar.

"Wanita yang takut bisa mengalami rasa tidak nyaman saat melahirkan dibanding wanita yang tenang," kata Alice D. Domar, Ph.D, direktur Doman Center for Mind/Body Health di Waltham, Massachusetts.

Masalah sebelum melahirkan bisa berdampak pada depresi postpartum dan kesulitan ibu menciptakan ikatan dengan bayinya. Jika Bunda mengalami ini, sebaiknya sampaikan pada tenaga medis ya.

Sebelum melahirkan, bukan cuma persiapan mental saja yang penting. Simak persiapan lainnya di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi