kehamilan

Amankah Ibu Hamil Terapkan Pola Makan Vegetarian?

Annisa Karnesyia Sabtu, 26 Oct 2019 18:20 WIB
Amankah Ibu Hamil Terapkan Pola Makan Vegetarian?
Jakarta - Belakangan, banyak wanita memutuskan untuk tetap melakukan pola makan vegetarian meski sedang hamil. Mereka yakin jika pola makan ini tidak memengaruhi janin, Bunda.

Melansir What to Expect, ibu yang vegan tetap bisa menjalani kehamilan yang sehat. Asalkan menjalankan diet kehamilan yang seimbang dan fokus dengan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Ibu hamil sebaiknya rutin minum vitamin prenatal. Bunda juga jangan ragu untuk ke dokter jika ada gejala yang mengkhawatirkan selama hamil.


Pakar parenting dr.Miriam Stoppard dalam buku Ensiklopedia Kehamilan dan Kelahiran, mengatakan, para vegan yakin kalau wanita hamil dapat mengandung bayi yang sehat sampai akhir masa kehamilan, tanpa perlu mengonsumsi protein hewani. Bahkan tanpa mengonsumsi suplemen vitamin B12.

Tapi, beberapa dokter tidak menyarankan pola makan vegan saat hamil. Sebab, daging dan ikan adalah makanan utama yang diperlukan.

"Jika wanita vegan sama sekali tidak mengonsumsi produk hewani termasuk produk turunan susu, suplemen vitamin B12 benar-benar diperlukan," ujar Stoppard.

Ilustrasi ibu hamilIlustrasi ibu hamil/ Foto: iStock

Vitamin B12 diperlukan bagi perkembangan janin yang sehat, juga untuk bayi yang sedang disusui. Seorang wanita vegan, kata Stoppard, mungkin harus mengonsumsi suplemen untuk memastikan perkembangan janin yang sehat.

"Ibu penganut paham vegan dapat memilih untuk menambahkan susu dan telur pada pola makan mereka atau mengonsumsi vitamin B12 sintesis selama hamil dan menyusui," terangnya.

Pola makan vegetarian yang menyertakan produk turunan susu bisa menunjang kehamilan dan proses menyusui dengan sangat baik. Terutama dengan meningkatkan jumlah asupan protein dan kalsium.

Lalu bagaimana untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil yang vegan?

Bunda bisa meningkatkan asupan protein dan vitamin dalam pola makan dengan mengonsumsi setidaknya empat butir telur seminggu. Telur juga memberikan zat besi, walaupun tidak sebanyak kandungan di daging merah.

"Jika menjalankan pola makan vegan sebaiknya sampaikan ke dokter kandungan. Beberapa ahli meresepkan suplemen vitamin, zat besi, dan kalsium," pungkas Stoppard.

Simak juga alasan ibu hamil tidak boleh makan ikan mentah, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi