kehamilan

7 Jenis Alat Kontrasepsi, Apa Saja Kelebihan & Kekurangannya?

Yuni Ayu Amida Kamis, 31 Oct 2019 17:01 WIB
7 Jenis Alat Kontrasepsi, Apa Saja Kelebihan & Kekurangannya?
Jakarta - Ketika pasangan berencana untuk menunda kehamilan, tentunya mereka butuh alat kontrasepsi. Seperti Bunda tahu, penggunaan alat kontrasepsi merupakan salah satu cara untuk mencegah kehamilan.

Meski demikian, menurut dokter ahli kandungan dr.Irvan Adenin, Sp.OG, meskipun sudah menggunakan alat kontrasepsi, wanita kadang tetap bisa hamil. Ini terjadi jika pemakaian alat kontrasepsi tersebut tidak tepat.


"Tiap kontrasepsi pasti masih menyisakan peluang 2 - 5 persen. Seperti pil, tidak mungkin mencegah hamil hingga 100 persen. Jika ingin 100 persen tidak hamil bisa dengan sterilisasi," kata Irvan, dilansir detikcom.

Irvan menyarankan untuk menjamin efektivitas kontrasepsi, konsultasi dengan dokter atau bidan sebelum pemasangan alat. Pilihan alat kontrasepsi pun sebaiknya sesuai kebutuhan dan keinginan pasangan suami istri.

Nah, berikut iniĀ HaiBunda rangkum dari berbagai sumber, 7 jenis alat kontrasepsi yang bisa jadi pertimbangan Bunda, berdasarkan kelebihan dan kekurangannya. Lihat di halaman selanjutnya ya.

[Gambas:Video 20detik]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi