sign up SIGN UP search


parenting

Menjawab Pertanyaan Anak: Bunda, Kondom Itu Apa?

Melly Febrida Minggu, 20 Oct 2019 17:45 WIB
Salah satu pertanyaan anak yang bisa bikin Bunda mati kutu adalah soal kondom. Ya, anak ingin tahu kondom itu apa sih? Kok mirip balon. caption
Jakarta - Benda di sekitar anak bisa mengundang rasa ingin tahunya. Termasuk kondom yang bisa ditemui di apotik, supermarket, atau secara tak sengaja di rumah bila Bunda dan Ayah memakai kondom sebagai alat kontrasepsi.

Ketika anak bertanya kondom itu apa, gimana menjawabnya? Dr.Juliana Morris, terapis perkawinan dan keluarga mengatakan, orang tua bisa menjelaskan fungsi benda tersebut tanpa perlu berbohong. Namun, bukan berarti Bunda harus mengatakan seluruhnya kalau umur anak belum cukup untuk mengerti penjelasan lebih dalam.

"Berikan jawaban yang singkat dan manis, pastikan Anda menjawab apa yang sebenarnya ditanyakan anak," kata Morris mengutip She Knows. Menjelaskan soal kondom sesuai usia anak bisa jadi bentuk pendidikan seksual untuk si kecil lho, Bun.


Morris menambahkan, jawaban singkat dan manis berlaku untuk menjawab pertanyaan seks lainnya dari anak-anak. Menurut Morris, tidak ada cara untuk menjawab semua pertanyaan yang mungkin ditanyakan anak. Namun, ia menyarankan agar orang tua membiarkan anak bertanya jika dia masih menginginkan informasi lebih dari pertanyaan awal.

Kemudian, tanyakan apakah anak-anak memiliki pertanyaan setelah Bunda menjawab. "Anda tidak harus menjawab semuanya sekaligus atau menjawab dengan sempurna. Anda selalu bisa menjawabnya setelah menyusun kembali dan meneliti faktanya," kata Morris.

Lantas keterangan yang singkat itu seperti apa? Gigi Engle, seks edukator mencontohkan, orang tua bisa mengatakan kalau kondom itu alat untuk mengontrol kelahiran dan pelindung dari penyakit bernama infeksi menular seksual.

"Kondom menghalangi penis dan vagina ketika bunda dan ayah saling menunjukkan rasa kasih sayang," ujar Engle.

Selain itu, Engle mengatakan orang tua juga bisa menjelaskan kalau kondom itu ada dua jenis. Pertama, kondom untuk pria yang bahannya seperti sarung tangan lateks, lalu kondom wanita yakni kondom internal yang menghalangi sperma masuk ke saluran vagina.

Menjawab Pertanyaan Anak: Bunda, Kondom Itu Apa?Ilustrasi pendidikan seks untuk anak/ Foto: iStock
Hal senada juga disampaikan psikolog seksual Zoya Amirin. Beberapa waktu lalu, Zoya mengatakan ketika anak tak sengaja melihat kondom atau sekadar bertanya soal kondom pada orang tua, jelaskan fungsi dari kondom itu sendiri. Salah satunya mencegah kehamilan dan menularnya penyakit menular seksual (PMS).

"Bilang pada anak itu kondom adalah alat kontrasepsi untuk cegah kehamilan dan penularan penyakit menular seksual. Jelaskan bahwa untuk punya anak kan harus diatur, ibaratnya enggak bisa dong punya anak terus-terusan, gitu misalnya," kata Zoya, dilansir detikcom.

Simak juga cara pijat bayi agar BAB-nya lancar di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!