sign up SIGN UP search

kehamilan

Ketahui Manfaat Bunda Melakukan Senam Kegel Saat Hamil

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 16 Mar 2021 07:04 WIB
A young pregnant woman is doing fitness at home. It is important to exercise during pregnancy. caption

Kehamilan sedianya tidak menghambat Bunda untuk beraktivitas fisik ya. Apalagi, hal tersebut dapat menunjang kebugaran Bunda selama menjalani kehamilan seperti halnya melakukan senam kegel.

Melansir Aaptiv, senam kegel diketahui dapat berfungsi sebagai rangkaian gerakan mengencangkan dan melepaskan. Biasanya disarankan sebagai cara untuk memperkuat otot dasar panggul. Dengan cara ini, Bunda pun dapat mengontrol kemampuan untuk pergi ke kamar mandi.

Tetapi, memang kerap ada kontroversi mengenai keamanan senam kegel ketika dilakukan selama kehamilan. Yakni, apakah senam kegel dapat menyebabkan masalah selama persalinan dan melahirkan ataukah benar-benar dapat memperkuat dasar panggul dalam jangka panjang.


"Latihan kegel dapat membantu membuat otot-otot di area panggul dan vagina menjadi kuat," ujar Sherry Ross, M.D, seorang obgyn dan pakar kesehatan wanita di Providence Saint John Health Center di Santa Monica, California.

Ross menambahkan bahwa otot dasar panggul tersebut akan menopang rahim, kandung kemih, dan usus di mana mengontrol fungsi kandung kemih dan usus. Mungkin hal tersebut akan sulit dilakukan di awal. Tetapi, dengan latihan tentunya Bunda akan berhasil melakukannya.

Saat Bunda hamil, kebutuhan untuk mengembangkan otot perut dan dasar panggul sangatlah banyak. Sebab, otot-otot tersebut merupakan sahabat terbaik ketika Bunda hamil, seperti dikutip dari laman Parents.

Ketika perut lemah, Bunda pun tidak akan dapat mendorong secara efektif. Karenanya, dengan memiliki dasar panggul yang kuat tentunya dapat membantu selama persalinan, serta membantu mencegah inkontinensia urine di kemudian hari.

Meski demikian, Bunda perlu menyadari bahwa setiap Bunda tentunya memiliki perbedaan satu sama lain. Walau kegel sedianya dapat membantu mengatasi kondisi seperti inkontinensia urine, hal itu mungkin tidak terjadi pada Bunda secara keseluruhan.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga Bunda manfaat senam hamil dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA SENAM KEGEL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi