kehamilan

Ibu Hamil Sembarangan Minum Obat Batuk Bisa Sebabkan Cacat Janin?

Yuni Ayu Amida Kamis, 14 Nov 2019 20:31 WIB
Ibu Hamil Sembarangan Minum Obat Batuk Bisa Sebabkan Cacat Janin?
Jakarta - Biasanya, tubuh ibu hamil lebih rentan dan mudah terserang penyakit, salah satunya batuk. Nah, apakah mengonsumsi obat batuk aman atau malah bisa menyebabkan cacat janin? Khususnya bila yang kita minum adalah sembarang obat batuk.

Ditemui usai mengisi acara di Jakarta, Kamis (14/11/2019), Dr.dr.Ali Sungkar, Sp.OG-KFM, dokter Obstetri dan Ginekologi Konsultan Fetomaternal Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) mengatakan obat batuk ada berbagai jenisnya. Ada untuk batuk kering, batuk berdahak, dan lainnya. Sebelum meminum obat batuk, ibu hamil mesti tahu dulu batuknya seperti apa.

Selain itu, kata Ali, selama ibu hamil mengonsumsi obat batuk yang diberikan dokter atau sesuai resep doktor, itu tidak apa-apa, aman. Namun jika sembarang obat yang tidak diketahui kandungannya, maka bisa berbahaya.


"Yang mesti dilihat kandungannya, pengaruhnya pada janin, mengganggu untuk perkembangan janin enggak. Kalau aman, ya enggak apa-apa," kata Ali kepada HaiBunda.

Kata Ali, yang terpenting dari memberikan obat pada ibu hamil adalah harus tahu kandungannya. Entah itu obat batuk atau obat apapun. Itu sebabnya penting bagi ibu hamil ketika sakit berkonsultasi dulu dengan dokter.

Ibu Hamil Sembarangan Minum Obat Batuk Bisa Sebabkan Cacat Janin?Ibu Hamil Sembarangan Minum Obat Batuk Bisa Sebabkan Cacat Janin? /Foto: iStock


Melansir Healthline, sebenarnya untuk ibu hamil sebaiknya hindari konsumsi obat apapun selama 12 minggu pertama kehamilan. Ini untuk meminimalkan risiko cacat janin atau hal yang tak diinginkan. Karena pada fase ini, perkembangan organ bayi sangat rentan terhadap efek samping obat.

Di samping itu, ketika ibu hamil batuk, dokter biasanya merekomendasikan untuk melakukan perawatan di rumah sebelum minum obat. Perawatan yang bisa dilakukan yakni:

1. Beristirahatlah yang banyak
2. Pastikan tetap terhidrasi dengan minum air putih yang banyak, khususnya air hangat
3. Berkumur air garam untuk meredakan sakit tenggorokan
4. Gunakan tetes hidung saline jika mengalami hidung tersumbat
5. Pastikan udara di kamar tidak terlalu panas maupun dingin
6. Gunakan balsam penghangat ke bagian dada
7. Coba strip hidung untuk membuka saluran udara pada hidung tersumbat

Tonton juga resep rumahan untuk obat batuk ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi