kehamilan

Cara Membentuk Anak Jenius Sejak dari Janin, Bunda Perlu Tahu

Maya Sofia Jumat, 15 Nov 2019 15:20 WIB
Cara Membentuk Anak Jenius Sejak dari Janin, Bunda Perlu Tahu
Jakarta - Tahukah Bunda kalau kecerdasan anak sudah bisa dibentuk sejak masih dalam kandungan? Asupan makanan hingga aktivitas yang Bunda lakukan saat hamil sangat memengaruhi perkembangan otak sejak masih janin.

"Apa yang Anda lakukan saat sedang hamil dapat berdampak pada perkembangan otak anak Anda dan kecerdasan di masa depan seperti apa yang Anda lakukan setelah melahirkan," kata Wakil Direktur Medis March of Dimes Diane Ashton, M.D., M.P.H., dikutip dari Parents.


Pilihan sederhana yang Bunda buat setiap hari, mulai dari makan sayur-sayuran hingga berolahraga bisa membantu membangun otak bayi. Sementara itu dikutip dari buku Membentuk Anak Jenius Sejak dari Janin, kecerdasan adalah sesuatu yang bisa diupayakan.


Otak tidak serta merta diberikan dalam bentuk jadi, namun ada proses pembentukan, pertumbuhan,dan perkembangannya.

Nah, proses pembentukan saraf otak ini sudah dimulai sejak dalam kandungan sehingga orang tua perlu melakukan berbagai hal untuk mengoptimalkan.

Pertama, Bunda perlu memperhatikan nutrisi saat hamil. Mengingat janin belum bisa mendapat nutrisi dari luar, nutrisiĀ ibu sangat berpengaruh dalam tumbuh kembang janin.

Itulah sebabnya, ibu hamil harus memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi agar otak bayi tumbuh dan berkembang secara optimal.

Cara Membentuk Anak Jenius Sejak dari Janin, Bunda Perlu TahuCara membentuk anak jenius sejak dari janin. (Foto: ilustrasi/thinkstock)

Lalu nutrisi apa yang dibutuhkan oleh ibu hamil? Asam lemak, karbohidrat, protein, zat besi, vitamin C, asam folat, yodium, adalah beberapa nutrisi yang diperlukan Bunda saat hamil.

Kemudian langkah selanjutnya untuk membentuk anak jenius sejak dari janin adalah melakukan stimulasi. Caranya bisa dengan melakukan sentuhan, seperti membelai, mengusap, dan menepuk perut Bunda.

Ketika usia kandungan memasuki 16 pekan, Bunda bisa melakukan stimulasi verbal. Perkenalkan diri dengan mengatakan 'Bunda' atau 'Ayah'. Kemudian hal yang paling penting adalah hindari mengucapkan kata-kata kasar dan buruk saat hamil.

Selain itu, Bunda dan Ayah juga bisa memperdengarkan janin dalam kandungan musik klasik dan lantunan ayat suci Alquran.

Selamat mencoba ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(som/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi