sign up SIGN UP search


kehamilan

Bunda Perlu Tahu, 6 Asupan yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil di Trimester Ketiga

Kinan Jumat, 15 May 2020 09:06 WIB
Ilustrasi ibu hamil Ilustrasi ibu hamil/ Foto: iStock
Jakarta -

Mengatur pola makan menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil. Termasuk juga saat kehamilan sudah memasuki trimester ketiga.

"Trimester ketiga adalah waktu yang sangat penting dalam perkembangan metabolisme bayi. Pada waktu ini, otak bayi mengembangkan koneksi lebih kuat terkait proses metabolisme," ungkap Tamas Horvath, PhD, dari Yale University School of Medicine, dikutip dari Parents.

Nah, apa saja pilihan asupan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil di trimester ketiga? Berikut daftarnya, Bun:


1. Sumber zat besi

Pola makan defisit zat besi bisa menyebabkan anemia selama kehamilan, sehingga berisiko membuat Bunda pusing dan lelah. Kondisi ini juga dapat menimbulkan risiko perdarahan saat melahirkan.

Oleh karena itu, masukkan asupan sumber zat besi seperti daging, produk susu, telur, gandum dan kacang-kacangan.

2. Sumber protein

Tubuh akan membutuhkan sekitar 70 gram protein selama tahap trimester ketiga karena berpengaruh dalam pembentukan tubuh bayi.

Dikutip dari Parenting First Cry, jangan lupa konsumsi makanan kaya protein guna memastikan kadar glukosa darah Bunda tetap konstan dan meminimalkan risiko diabetes.

Protein bisa didapatkan dari asupan seperti tahu, kacang-kacangan, ikan, dan daging.

3. Sumber lemak sehat

Ilustrasi ibu hamilIlustrasi ibu hamil. (Foto: iStock)

"Lemak sehat penting pada trimester ketiga untuk mendukung kehamilan dan mempersiapkan tubuh untuk masa menyusui," imbuh Rebecca Scritchfield, RD.

Jangan lupa untuk fokus pada lemak yang berasal dari makanan utuh ya, Bun. Misalnya seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, minyak zaitun, telur, salmon, yoghurt, dan keju.

4. Sumber asam folat

Asam folat ditemukan dalam sayuran berdaun hijau seperti bayam dan selada. Bisa juga dari kacang dan buah jeruk.

Cukup asam folat membantu memastikan pertumbuhan bayi jelang persalinan lebih optimal dan menurunkan risiko bayi lahir dengan berat rendah. Selain memakan bayam dan selada, Anda bahkan bisa memasukkan asam folat, kacang-kacangan, dan buah jeruk.

5. Sumber kalsium

Pada trimester ketiga kehamilan, tulang bayi harus menjadi lebih kuat dan oleh sebab itu Bunda setidaknya perlu mengonsumsi sekitar 800 mg kalsium.

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium, pilihlah sumber asupan seperti keju, tahu, dan yoghurt. Bisa juga Bunda dapatkan kalsium dari salmon dan kacang-kacangan.

6. Sumber magnesium

Tubuh Bunda akan membutuhkan cukup magnesium untuk membantu menyerap kalsium dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Nutrisi ini bisa didapat dari kacang almond, labu, gandum, dan kacang-kacangan.

Mencukupi kebutuhan magnesium juga membantu meredakan kram otot dan menurunkan risiko persalinan prematur.

Nah, yuk mulai perhatikan lagi pola dan menu makanan selama trimester ketiga ini, Bun.

Bunda bisa simak juga fakta dan bahaya nanas bagi ibu hamil dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi