kehamilan

Selvi Ananda 2 Kali Caesar, Ini Cara Tepat Merawat Bekas Jahitan

Annisa Karnesyia Minggu, 17 Nov 2019 12:42 WIB
Selvi Ananda 2 Kali Caesar, Ini Cara Tepat Merawat Bekas Jahitan
Jakarta - Menantu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), Selvi Ananda baru saja melahirkan anak keduanya bernama La Lembah Manah, Jumat (15/11/2019). Selvi melahirkan di RS PKU Muhammadiyah secara caesar.

Ini menjadi kali kedua istri Gibran Rakabuming itu melahirkan dengan operasi caesar. Setelah Jan Ethes, anak pertama pasangan ini lahir pada 2016 lalu.

Menjalani proses persalinan dengan operasi caesar pasti butuh pertimbangan matang ya, Bunda? Salah satu pertimbangannya adalah luka setelah operasi.


Ibu yang melahirkan dengan caesar butuh waktu agak lama untuk proses perawatan dan penyembuhan luka. Bila salah penanganan, luka bisa menyebabkan infeksi.

"Infeksi luka pasca caesar adalah infeksi yang terjadi setelah operasi. Biasanya disebabkan bakteri di daerah sayatan pembedahan," kata praktisi kesehatan holistik, Dr.Debra Rose Wilson, dikutip dari Health Line.

Keluarga JokowiKeluarga Jokowi/ Foto: Kris/Biro Pers Setpres

Infeksi ini ditandai dengan kenaikan suhu tubuh, kemerahan, pembengkakan di lokasi luka, dan nyeri perut bagian bawah. Untuk mencegah infeksi, tentunya penting melakukan perawatan segera setelah operasi.

Nah, berikut 5 cara merawat luka bekas operasi caesar, seperti dilansir Web MD.

1. Jaga luka sayatan tetap bersih dan kering. Cuci area tersebut dengan air hangat (cukup satu kali sehari) dan jangan menyemprotkan air langsung ke luka.

2. Ganti perban secara teratur.

3. Kenakan pakaian longgar dan hindari bersentuhan dengan bahan yang bisa mengiritasi luka sayatan.

4. Ikuti petunjuk dokter untuk perawatan luka bekas operasi caesar. Beberapa luka, awalnya mungkin tidak ditutup. Tapi jika dokter telah menyarankan untuk mengganti, sebaiknya ikuti petunjuk dengan baik.

5. Jika mengalami demam di atas 38 derajat Celsius, nyeri di luka sayatan, pembengkakan dan keluar cairan berbau, Bunda bisa segera hubungi dokter ya.

Simak juga curhat dr.Reisa Broto Asmoro sehabis melahirkan caesar, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi