kehamilan

5 Fakta Kelahiran Cucu Ketiga Jokowi, Adik Jan Ethes

Annisa Karnesyia Jumat, 15 Nov 2019 20:45 WIB
5 Fakta Kelahiran Cucu Ketiga Jokowi, Adik Jan Ethes
Jakarta - Cucu pertama Presiden Joko Widodo, Jan Ethes resmi menjadi kakak. Adik Ethes yang juga anak kedua pasangan Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda baru saja lahir pada hari ini, Jumat (15/11/2019).

Kelahiran ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu, bukan hanya bagi Gibran dan Selvi, tapi juga Jokowi, Bun. Meski Jokowi tidak mendampingi menantunya, Selvi tampak ditemani suami dan ibu mertuanya, Iriana Jokowi.

Kehadiran dan dukungan keluarga tentunya dibutuhkan wanita yang melahirkan seperti Selvi. Menurut bidan Laili Romdina Amd, dukungan ini bisa mencegah terjadinya depresi postpartum.


"Memasuki masa postpartum, emosi ibu sangat fluktuatif atau naik turun. Ini karena banyak tekanan dari berbagai hal. Nah, inilah yang akhirnya menyebabkan depresi postpartum yang berkaitan dengan psikis ibu," ujar Laili.

Tentunya Selvi beruntung ya, Bun. Bisa mendapatkan dukungan dari berbagai pihak termasuk keluarga. Tapi di balik kehamilan dan persalinannya, ada cerita yang tidak banyak diketahui orang.

Nah, berikut telah HaiBunda rangkum 5 fakta kelahiran cucu Jokowi, dari berbagai sumber.

1. Kehamilan disampaikan kerabat, ditegaskan Gibran

Kabar kehamilan Selvi sempat menjadi teka-teki. Baik Selvi ataupun suaminya, Gibran tidak secara gamblang menyampaikan berita bahagia ini, Bun.

Orang pertama yang menyampaikan justru kakak kandung Iriana Jokowi, Haryanto. Pria yang akrab disapa Anto itu tidak menjelaskan secara detail usia kandungan Selvi. Dia hanya meminta doa untuk kehamilan ibu Jan Ethes itu. Selang beberapa waktu kemudian, Gibran menegaskan istrinya tengah hamil 7 bulan.

2. Lahir ditemani keluarga

Menjelang persalinan, Selvi sudah berada di rumah sakit. Mengutip detikcom, saat itu Selvi sudah ditemani suaminya dan Iriana.

Kehadiran keduanya masih terlihat bahkan setelah proses persalinan selesai sekitar jam 5 sore. Tak hanya di kelahiran kedua ini, Selvi juga ditemani keluarganya di persalinan pertamanya dulu.

3. Disambut oleh kakaknya Jan Ethes

Kelahiran anak kedua Gibran dan Selvi yang berjenis kelamin perempuan ini ternyata disambut bahagia Jan Ethes. Hal ini diungkap langsung sang ayah beberapa waktu lalu.

"Ya (Ethes) seneng," kata Gibran.

Tak hanya itu, Selvi mengaku Ethes juga mulai paham jika dirinya akan menjadi kakak. Ethes tahu dari perut ibunya yang semakin lama semakin besar.

Selvi bersama Jan Ethes dan GibranSelvi bersama Jan Ethes dan Gibran/ Foto: Dok. Diera Bachir

4. Berat badan, tinggi, dan lahir caesar

Selvi melahirkan bayi perempuan dalam keadaan sehat. Melahirkan di RS PKU Muhammadiyah Surakarta, bayi yang dilahirkanya diketahui memiliki berat 2,92kg dan panjang 46,7cm.

Putri Solo tahun 2009 itu melahirkan melalui operasi caesar. Anggota tim dokter yang menangani Selvi dari RS PKU Muhammadiyah Solo, dr Soffin Arfian, Sp OG, mengatakan jika Selvi melahirkan secara caesar atas pertimbangan medis.

"Persalinannya dengan cara operasi caesar atas indikasi yang kuat untuk operasi caesar dan alhamdulillah semua sehat," ujar Soffin.

5. Namanya anak sempat 'dioper-oper'

Hingga berita ini diturunkan, nama adik Jan Ethes masih belum diumumkan ke publik. Menurut Gibran, nama sang anak baru akan diumumkan setelah Jokowi kembali ke Solo.

"Nama nanti dulu saja. Mbahnya baru perjalanan ke Solo," terang Gibran.

Bila Gibran menunggu ayahnya untuk urusan nama sang putri, Jokowi justru menyerahkan hal ini ke Gibran. Sebelum terbang ke Solo dari Lampung, Jokowi menyerahkan urusan nama ke putranya itu, Bun.

"Bapaknya dong, masa ke saya. Tanyanya ke bapaknya," kata Jokowi.

Simak juga tips perawatan diri setelah melahirkan di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi