kehamilan

Selvi Ananda Punya 2 Anak, Stop Ucapkan Ini ke Ibu Lahiran Caesar

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 16 Nov 2019 08:30 WIB
Selvi Ananda Punya 2 Anak, Stop Ucapkan Ini ke Ibu Lahiran Caesar
Jakarta - Menantu Jokowi, Selvi Ananda melahirkan anak keduanya pada Jumat (15/11/2019). Selvi melahirkan bayi perempuan di RS PKU Muhammadiyah melalui operasi caesar.

Bicara soal operasi caesar, ini merupakan prosedur persalinan di mana dokter membelah dinding perut dan rahim. Sehingga, bayi tidak keluar melalui jalan lahir vagina.

"Prosedur caesar biasanya berlangsung 45 - 60 menit dengan bayi lahir di 5 - 15 menit awal. Caesar dilakukan jika ada kondisi kritis," kata dr.Bramundito, Sp.OG dalam buku Anti Panik Kehamilan yang disusun tim Tiga Generasi.


Beberapa alasan dilakukan prosedur caesar adalah:
1. Plasenta ada di bagian bawah perut dan menghalangi jalan lahir
2. Posisi bayi sungsang atau kepala tak berada di bawah mendekati jalan lahir
3. Terjadi fetal distress, salah satunya bayi kekurangan oksigen
4. Ibu dengan diabetes karena lebih berisiko mengalami komplikasi

Nah, kadang kala, ada aja nyinyiran atau kalimat menyakitkan yang diberikan orang-orang pada ibu yang melahirkan caesar. Berikut ini 5 ucapan yang harus Bunda stop bila ada teman atau kerabat yang lahiran caesar, dilansir berbagi sumber.

Selvi Ananda Punya 2 Anak, Stop Ucapkan Ini ke Ibu Lahiran CaesarSelvi Ananda Punya 2 Anak, Stop Ucapkan Ini ke Ibu Lahiran Caesar/ Foto: thinkstock
1. Kamu bukan ibu sejati

Baik melahirkan caesar ataupun normal, pastinya ada perjuangan ibu di situ. Makanya, tahan omongan dan lebih baik bicarakan hal lain. Lagipula, semua ibu pasti mau memberi yang terbaik buat anaknya kan, Bun?

2. Enak ya, enggak pakai mengejan

Memang, caesar dilakukan dengan operasi. Namun, bukan berarti karena ibu tak mengejan seperti saat persalinan normal, dia merasa nyaman. Luka sayat di perut pasti dijahit dan itu bisa membuat ibu enggak nyaman.

3. Pasti kamu memang inginnya lahiran caesar deh

Semua ibu umumnya ingin melahirkan normal. Meski ada beberapa ibu yang memang ingin melahirkan caesar. Tapi, ketika si ibu sudah berusaha mati-matian melahirkan normal namun kondisi berkata dia harus melahirkan caesar, ucapan seperti ini bisa menyakiti ibu.

4. Syukurlah waktu itu persalinanku normal

Bersyukur boleh saja, Bun. Tapi jika disampaikan ketika orang lain nyatanya tak gembira malah bikin dia sedih. Ya, beberapa ibu bisa amat berharap lahiran normal. Namun, ketika tak bisa melakukannya dan mendengar kalimat seperti itu, dirinya bisa saja makin down.

5. Kenapa enggak lahiran normal aja?

Prosedur caesar umumnya dilakukan karena ada indikasi medis. Meskipun, ada juga ibu yang memang memilih prosedur itu, dengan beberapa pertimbangan. Alangkah baiknya kita doakan si ibu agar segera pulih dan bayinya senantiasa sehat, ketimbang mencari tahu penyebab si ibu melahirkan caesar. Apalagi, kalau Bunda cuma mau menjadikan cerita lahiran caesar ini bahan gunjingan. Duh, jangan sampai ya, Bun.  

Simak juga cerita dr.Reisa yang merasa sengsara saat melahirkan caesar di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi