kehamilan

Ciri-ciri Hamil 6 Minggu, Apa yang Terjadi pada Ibu dan Janin?

Asri Ediyati Selasa, 19 Nov 2019 06:57 WIB
Ciri-ciri Hamil 6 Minggu, Apa yang Terjadi pada Ibu dan Janin?
Jakarta - Saat garis dua terlihat di test pack, detik itu juga Bunda sadar bahwa semuanya akan berubah. Ada si kecil yang akan tumbuh di dalam rahim. Nah, jika sudah enam minggu hamil apa saja perubahan yang terjadi?

Nah, sepanjang kehamilan, Bunda akan memiliki variasi hormon tertentu, yang berkontribusi terhadap banyak gejala kehamilan. Dikutip dari Medical News Today, dari minggu 6 hingga 10, Bunda mungkin mengalami perubahan suasana hati.

Ini mungkin dipicu oleh:

- Fluktuasi estrogen dan progesteron


- Kecemasan tentang perubahan besar yang terjadi dalam hidup

- Kelelahan dan stres fisik

- Mual

- Perubahan metabolisme

"Sebaiknya pada periode ini, kita harus curhat ke pasangan, keluarga dan perbanyak istirahat agar kondisi tubuh selalu fit. Jangan lupa untuk relaksasi, seperti mendengarkan musik dan nonton tv," ujar psikolog klinis dewasa, Tara de Thouars BA, M.PSi.

Nah, bagaimana dengan janinnya? Ukuran janin 6 minggu sebesar lentil, masih kecil sekali. Jantungnya mungkin terlihat berdetak jika Bunda melakukan USG di usia ini, detaknya sekitar 100 kali per menit.

Janin telah melengkung menjadi bentuk C sekarang. Fitur wajahnya terbentuk, dengan bintik-bintik gelap di mana matanya akan muncul, dan lubang kecil untuk menandai telinganya, lalu ada lekukan di mana lubang hidungnya berada. Lipatan kecil terlihat di bawah otaknya yang sedang berkembang, lidah, rahang, dan leher bayi akan mulai tumbuh di usia ini.

Kuncup, atau benjolan, yang akan tumbuh menjadi lengan janin mulai membengkak, lalu ada pula yang bagian bawah menandakan kakinya mulai tumbuh. Otot dan jaringan tulang mulai terbentuk, dan ditutupi dengan lapisan tipis kulit. Bahkan, kulitnya sangat tipis sehingga Bunda bisa otot dan jaringan tulangnya jika di USG.

Di dalam, sel-sel yang akan menjadi usus bayi juga sedang berkembang, bersama dengan tunas jaringan yang akan menjadi paru-paru, hati, dan ginjalnya. Tabung saraf janin terus menutup di setiap ujungnya untuk melindungi otak dan sumsum tulang belakangnya. Demikian dikutip dari Baby Centre.

Simak juga tips cepat hamil oleh dr.Reisa Broto Asmoro melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi