kehamilan

Titi Kamal Lakukan Kuret, Bagaimana Peluang untuk Hamil Lagi?

Annisa Karnesyia Kamis, 21 Nov 2019 20:00 WIB
Titi Kamal Lakukan Kuret, Bagaimana Peluang untuk Hamil Lagi?
Jakarta - Artis Titi Kamal baru saja membagikan cerita sedihnya yang harus menjalani prosedur kuret. Istri Christian Sugiono itu mengaku janin di kandungannya tak berkembang.

Kehamilan yang berusia 6 minggu itu terpaksa harus diangkat. Sebelumnya, Titi juga pernah mengalami blighted ovum atau kehamilan yang tidak mengandung embrio.

"Aku sebelum Juna juga gitu. Aku ada blighted ovum. Itu memang sesuatu yang wajar," kata Titi.


Prosedur kuret yang dijalani Titi sudah sewajarnya dilakukan jika bayi dalam kandungan tidak berkembang. Mengutip Very Well Family, kuret adalah prosedur pembedahan yang biasanya dilakukan setelah keguguran. Tujuannya untuk mengangkat jaringan yang tersisa dari uterus.

"Prosedurnya menggunakan alat berbentuk seperti sendok yang disebut kuret. Digunakan untuk mengikis lapisan dinding rahim dengan lembut," kata Krissi Danielsson, penulis After Miscarriage.

Dalam beberapa kasus, prosedur ini masuk dalam tindakan medis, terutama pada wanita yang mengalami perdarahan berat setelah keguguran. Kuret adalah cara tercepat untuk menghentikan pendarahan dan menghindari perkembangan hipovolemia (kehilangan banyak darah) dan anemia.

Titi Kamal bersama suami dan anak-anaknyaTiti Kamal bersama suami dan anak-anaknya/ Foto: Instagram

Lalu bagaimana peluang hamil setelah menjalani kuret? Dilansir Parenting Firstcry, prosedur pelebaran saat kuret diyakini bisa memengaruhi tingkat kehamilan.

Namun, setelah mengalami keguguran, Bunda tidak boleh berkecil hati karena kemungkinan memiliki kehamilan yang sukses masih tetap sangat tinggi. Setelah kuret, tunggu selama dua minggu dan kemudian konsultasikan ke dokter kandungan untuk melihat kemajuan dari pemulihan.

Setelah tubuh pulih sepenuhnya, wanita bisa melanjutkan dan mencoba untuk hamil kembali. Sebagian besar spesialis menyarankan untuk menunggu setidaknya tiga siklus menstruasi.

Meski tindakan kuret memengaruhi reproduksi, paling tidak kita bisa meningkatkan peluang untuk hamil. Tentunya dengan menjaga pola hidup yang sehat seperti berikut, Bun:

1. Mengonsumsi makanan tinggi asam folat

2. Mengonsumsi makanan sehat

3. Menjaga berat badan ideal

4. Menjalankan pola hidup sehat

5. Berhubungan seks di masa subur

6. Konsultasi ke dokter kandungan

Titi Kamal Lakukan Kuret, Bagaimana Peluang untuk Hamil Lagi?

Bicara tentang kehamilan, simak juga tips cepat hamil ala Dr.Reisa di video berikut, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi