kehamilan

Pengalaman Titi Kamal Menjalani Program Hamil

Annisa Karnesyia Jumat, 26 Jul 2019 09:31 WIB
Pengalaman Titi Kamal Menjalani Program Hamil
Jakarta - Titi kamal sudah dikaruniai dua anak dari pernikahannya dengan Christian Sugiono. Titi mengaku tidak mudah mendapatkan momongan sehingga harus melakukan beberapa cara untuk bisa hamil.

Dalam kanal Youtube The Sungkars Family, Titi berbagi pengalamannya pada kakak beradik Shireen dan Zaskia Sungkar. Menurut pemain film Mendadak Dangdut ini perjuangannya memiliki anak enggak mudah.

"Ya ampun, benar-benar keliling dokter itu tiap minggu. Belum dapat hasil dari dokter A, ke dokter B, sudah ke dokter C. Sampai Tian (sapaan Christian Sugiono) kaget, sudah ke dokter ini belum selesai dengan dokter ini," kata Titi.


Berbagai cara dilakukan wanita 37 tahun ini untuk mendapatkan momongan. Mulai dari ke dokter, menjalani pengobatan alternatif, dan pantang makan makanan tertentu.

"Sampai dulu tuh ke alternatif, sampai ke luar kota. Katanya suruh olahraga juga, karena waktu itu sel telur aku kecil. Jaga makan juga, jadi enggak boleh ada yang namanya gula-gula gitu," ujar Titi.

"Sampai aku pernah ditiup, HSG, ternyata sampai lupa dikasih anti fentiler, sampai sakitnya seperti di caesar," sambungnya.

Keluarga Titi Kamal/Keluarga Titi Kamal// Foto: Instagram

Dalam menjalani program kehamilan, Titi sempat enggak berani syuting selama setahun lebih karena takut capek. Tapi justru Titi merasa tidak produktif karena enggak melakukan apa-apa di rumah.

Sejak dari situ, ibu Arjuna Zayan Sugiono dan Kai Attar Sugiono ini mencoba untuk pasrah dan kembali berkarier. Keajaiban justru datang saat Titi tengah sibuk-sibuknya bekerja.

"Ya udah deh, bismillah saja deh, ya Allah, terserah gimana Allah kapan mau kasih. Akhirnya aku terima striping, ternyata itu lagi hamil. Pas giliran sudah pasrah, malah kejadian gitu," kenang Titi.

Berbicara tentang peluang hamil seorang wanita, ini enggak bisa lepas dari kesuburannya. Kata dr.Karno Suprapto, Sp.OG, dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, kesuburan wanita pada dasarnya sudah ada sejak lahir. Sehingga enggak perlu ditingkatkan asalkan si wanita selalu menjaga kesehatan.

"Contohnya konsumsi makanan sehat, mendapat istirahat yang baik dan melakukan olahraga yang sesuai. Karena sebenarnya kesuburan wanita banyak yang mengatur," kata Karno.

Beberapa makanan yang perlu diperhatikan adalah protein hewani dan nabati sebagai makanan utama. Lalu, penuhi kebutuhan karbohidrat dan lemak.

"Untuk memenuhi kebutuhan protein, sehari minum segelas susu, makan sepotong daging atau tempe sudah cukup," papar Karno.

Buat Bunda yang mau menjalani program kehamilan, simak tipsnya di video berikut ya.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi