kehamilan

Titi Kamal Jalani Kuret Akibat Kehamilan Ketiga Tak Berkembang

Ratih Wulan Pinandu Rabu, 20 Nov 2019 14:00 WIB
Titi Kamal Jalani Kuret Akibat Kehamilan Ketiga Tak Berkembang
Jakarta - Titi Kamal membagikan cerita duka di balik syuting film terbarunya, Makmum. Bunda dua anak itu mengaku harus menjalani kuret akibat janin di kandungannya tak berkembang.

Tak banyak yang tahu kalau pada saat proses syuting berlangsung, Titi sedang hamil anak ketiga. Janin berusia 6 minggu itu terpaksa Titi relakan untuk segera diangkat.

"Jadi saat aku diajakin Makmum waktu bulan puasa itu, bulan Juli, aku lagi hamil ketiga, eh hamil keberapa ya pokoknya hamil adiknya Kai. Nah, itu pas banget aku baru diajakin, pas banget baru tanda tangan kontrak film horor ku lihat pas test pack positif," ungkap Titi Kamal.


Selama menjalani syuting, Titi harus menjalani beberapa adegan ekstrem. Seperti melompat dari ketinggian hingga dibanting.

Tapi untungnya, sang sutradara mengubah beberapa scrip, Bun. Di antaranya dengan meniadakan adegan yang berbahaya.

"Nah jadi aku baca skripnya dibanting, lompat jadi seram gitu. Akhirnya banyak adegan yang ditiadakan gitu," lanjutnya.
Titi Kamal Jalani Kuret Akibat Kehamilan Ketiga Tak BerkembangTiti Kamal jalani kuret/Foto: Noel/detikFoto

Selesai menjalani proses syuting, kenyataan lain harus dihadapi Titi dan suaminya, Cristian Sugiono. Janin di kandungannya tak berkembang sehingga harus dikuret.

Meski merasa sedih dan kehilangan, Titi tetap mengikhlaskan calon adik Kai dan Juna. Sebab, dia tahu bahwa penyebab janin tak berkembang bukan karena syuting yang baru dia lakoni.

"Ternyata, selesai syuting itu aku harus melalui proses kuret karena memang janin tidak berkembang, tidak berdetak. Kalau begitu-begitu memang biasanya bukan karena syuting. Aku sebelum Juna juga gitu. Aku ada blighted ovum. Itu memang sesuatu yang wajar," terang Titi.

Setelah kejadian itu, Titi malah berencana untuk menjalankan program anak perempuan. Setelah mempunyai dua anak laki-laki, dia berharap bisa mendapatkan seorang putri, Bun.

"Sebenarnya aku kepikiran mudah-mudahan nanti dapat anak cewek, yang kemarin memang program. Tapi sedikasihnya ya," pungkas Titi.

Blighted ovum atau kehamilan merupakan kondisi kehamilan yang tidak mengandung embrio. Menurut dr.Ivan Maurits Sondakh, saat pemeriksaan kehamilan sekitar usia lima minggu, penampakan hamil kosong hanya berupa kantung kehamilan.

Sedangkan dua minggu setelah itu, kalau hamil normal, sudah tampak janin di dalamnya meskipun kecil. Umumnya, kehamilan kosong akan cepat diketahui karena terjadi di trimester pertama.

"Kalau hamil kosong, janin tidak berkembang dan bentuk yang terlihat di USG hanya kantung kehamilan," jelas dokter yang prakik di Mayapada Healthcare Hospital, Jakarta Selatan.

Rutin kontrol kandungan yuk, Bun, agar tidak mengalami hal yang sama. Nah, simak juga yuk mitos seputar kehamilan yang sering bikin Bunda salah paham dalam video berikut!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi